PEMALANG : ( SUARABARU.ID) : KKN Tim I Undip Tahun 2024 melakukan gerakan menanam tanaman sejak usia dini melalui kegiatan revitalisasi tanam sekolah di Desa Mandiraja, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang.

Gerakan menanam sejak dini merupakan salah satu upaya untuk menanamkan kesadaran lingkungan sejak usia anak-anak. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan tentang pentingnya melestarikan lingkungan. Selain itu, gerakan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa suka terhadap menanam tanaman kepada anak-anak.
Pelaksanaan kegiatan gerakan menanam sejak dini dilakukan di SDN 04 Mandiraja. “SD ini masih terlihat gersang. Taman di depan kelas hanya ada rumput, sangat bagus kalau ditanami tanaman hias”, ucap Kepala Sekolah SD N 04 Mandiraja. Adanya penanaman tanaman hias juga dapat meningkatkan nilai estetika sekolah sehingga lebih nyaman untuk belajar.
Sebanyak 32 siswa kelas 5 SD N 04 Mandiraja ikut serta dalam kegiatan ini. Tahapan pertama yaitu pembuatan lubang tanam menggunakan cangkul dan sekop yang dilakukan oleh mahasiswa KKN. Selanjutnya ditanami tanaman hias bersama-sama oleh para siswa. Dalam kegiatan ini, beberapa tanaman hias yang digunakan berupa lili paris, pucuk merah, bunga soka, dan calathea. Kemudian para siswa diberi edukasi pembiasaan merawat tanaman, yaitu dengan menyirami tanaman secara rutin supaya tidak layu dan tumbuh dengan baik. Waktu menyirami tanaman yang baik yaitu pagi hari sekitar pukul 07.00 sampai 10.00. Supaya lebih efektif, para siswa sepakat untuk menjadwal penyiraman tanaman sesuai dengan jadwal piket di kelas.
Setelah penanaman, para siswa juga melakukan bersih-bersih di sekitar sekolah sebagai wujud kepedulian terhadap kebersihan lingkungan. Sebagian siswa menyapu halaman dan sebagian lainnya membuang sampah yang berserakan.
Pada kegiatan ini siswa-siswi SD N 04 Mandiraja menunjukkan antusias yang tinggi. Banyak dari mereka yang mengatakan bahwa menyukai kegiatan menanam. Melalui gerakan menanam sejak dini diharapkan menyadarkan anak-anak untuk lebih memahami pentingnya tanaman terhadap kelestarian lingkungan. Mengingat terjadinya penurunan minat pemuda untuk bertani, maka melalui gerakan ini juga diharapkan dapat memunculkan minat siswa dalam sektor pertanian untuk keberlanjutan di masa mendatang.

Penulis : Sukma Nurdinah