blank
Selama masa libur Imlek, Daop 4 Semarang menghadirkan pertunjukan barongsai di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng. Foto: Dok/KAI

“Penumpang turun terbanyak terjadi pada Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng sebanyak 8.073 pelanggan, Stasiun Semarang Poncol sebanyak 7.174 pelanggan, Stasiun Tegal sebanyak 3.551 pelanggan, Stasiun Pekalongan sebanyak 2.328 pelanggan, Stasiun Ngrombo sebanyak 1.062 pelanggan dan Stasiun Cepu sebanyak 1.057 pelanggan,” terang Franoto.

Menurutnya, destinasi tujuan maupun kedatangan favorit dari pelanggan pada periode long weekend ini lebih merata dari atau ke berbagai kota, diantaranya Jakarta, Solo, Surabaya, Bandung dan lain sebagainya. Pada periode tersebut, di wilayah Daop 4 Semarang juga terdapat sebanyak 91 KA penumpang yang beroperasi setiap harinya.

Selama masa libur Imlek, Daop 4 Semarang juga menghadirkan pertunjukan barongsai yang bertempat di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng pada Sabtu (10/2). Atraksi tersebut menghibur para pelanggan yang sedang menunggu kedatangan KA di stasiun dengan menampilkan atraksi tarian tradisional masyarakat Tiongkok yang mengenakan kostum berbentuk menyerupai singa.

Selain atraksi barongsai, pernak pernik Imlek di stasiun serta petugas KAI yang mengenakan baju tradisional cheongsam dan changshan juga turut hadir menyapa para pelanggan KA di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.

Kegiatan semakin meriah dengan adanya petik angpao dan coklat koin yang dibagikan langsung kepada para penumpang yang sedang menunggu kedatangan KA di stasiun dan di dalam KA Kamandaka.

Ada juga penampilan peragaan busana yang bekerja sama dengan komunitas desainer Kota Semarang di area tunggu Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng. “Dengan diselenggarakannya seluruh rangkaian kegiatan ini, merupakan wujud apresiasi KAI kepada para pelanggan dalam menyemarakkan Tahun Baru Imlek 2024 atau dikenal sebagai tahun Shio Naga Kayu,” pungkasnya.

Ning S