blank
Di Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Kapolres AKBP Andi M Indrawaspada Amirullah, memimpin apel untuk memeriksa kelengkapan masing-masing personel yang akan bertugas mengamankan TPS.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para personel kepolisian yang bertugas mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS), dilengkapi peralatan pendukung seperti jas hujan, alat mandi, matras (alas tidur), tongkat polisi dan borgol.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, Jumat (9/2), memimpin apel gelar perlengkapan di Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri. Apel digelar untuk memastikan kelengkapan petugas pengaman TPS, harus betul-betul lengkap.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, menyatakan, Kapolres melakukan pemeriksaan langsung pada perlengkapan personel. Tujuannya, untuk memastikan kesiapsiagaan personel, sebelum berangkat ke masing-masing lokasi penugasannya. Yakni untuk mengamankan TPS dalam upaya menyukseskan Pemilu 2024 berjalan aman, tertib, damai dan lancar.

Berkaitan itu, Kapolres merasa perlu melakukan pengecekan langsung kelengkapan peralatan pendukung untuk masing-masing perorangan. Juga pengecekan kendaraan inventaris dinas yang disiapkan untuk mendukung kelancaran penugasan.

Ring Dua

Dalam mengamankan Pemilu 2024, para personel kepolisian pengaman TPS, akan menginap di sekitar TPS. Sesuai Standar Operasional Prosedure (SOP), polisi akan berjaga di ring dua. Tidak di dalam TPS. Keberadaannya, bertugas memastikan proses pencoblosan, penghitungan suara dan rangkaian tahapan Pemilu 2024 berjalan aman, terjauhkan dari gangguan.

Para pengaman TPS, juga diberikan bimbingan teknis (Bimtek) cara tindak dalam memberikan pengamanan. Juga dilakukan simulasi pengamanan TPS, manakala terjadi kontijensi dan prediksi kemunculan gangguan. Hal ini telah diberitahukan kepada KPU dan Bawaslu, selaku institusi penyelenggara dan pengawas Pemilu.

Rencananya, ratusan personel Polres Wonogiri ini, bakal berangkat bertugas ke lokasi pos masing-masing, pada Hari Selasa (13/2) mendatang atau pada hari H-1 pelaksanaan pencoblosan. Nanti, sebelum meluncur ke lokasi penugasan, perlengkapan mereka bakal dicek kembali, untuk memastikan anggota siap menjalankan tugas.

Dengan semakin dekatnya hari H pemungutan suara, Kapolres, mengajak seluruh elemen masyarakat Wonogiri, untuk ikut serta berperan aktif dalam memberikan dukungan untuk menjaga situasi Pemilu 2024 di Wonogiri berjalan kondusif.
Bambang Pur