blank
Ganjar saat menyampaikan pandangan dan visi misinya, dalam kampanyenya di Pontianak, Kalimantan Barat. Foto: tmgp

PONTIANAK (SUARABARU.ID)- Calon Presiden (Capres) RI 2024, Ganjar Pranowo, mengapresiasi langkah yang diambil pasangannya, Mahfud MD, usai menyatakan mundur dari Menko Polhukam dari Kabinet Joko Widodo. Menurutnya, sikap itu menunjukkan Mahfud sosok pemimpin yang berintegritas.

Seperti diketahui cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Rabu (31/1/2024), saat blusukan di Lampung Tengah. Mahfud telah menyiapkan surat pengunduran diri, yang akan diserahkan langsung kepada Presiden RI Jokowi.

”Saya hormat pada Pak Mahfud. Anda orang yang integritasnya hebat,” ucap Ganjar, saat berkampanye di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (1/2/2024).

BACA JUGA: Angka Harapan Hidup Naik, Banyak PNS “Muda” Masuki Masa Pensiun

Dia juga berharap, keputusan Mahfud MD Mundur dari jabatannya itu, akan diikuti capres-cawapres lainnya. Mereka yang masih menjabat sebagai menteri atau pejabat negara, sebaiknya mundur dari jabatannya, untuk mengikuti kontestasi Pemilu 2024.

”Mudah-mudahan ini jadi contoh yang baik, dan menjadi sebuah pertanggungjawaban yang barangkali calon lain bisa mengikuti,” harap Ganjar.

Disinggung apakah yang dimaksud Ganjar adalah Prabowo dan Gibran juga harus mundur, Ganjar pun membenarkan.

BACA JUGA: Hindari Kecelakaan di Perlintasan Kereta Api, Warga Sumberejo Randublatung bersama Tentara Pasang Palang Pintu

”Siapapun yang saya omongkan sejak awal, mereka yang punya potensi conflict of interest, sebaiknya mundur seperti Pak Mahfud,” tegas Ganjar.

Ditanya kenapa Mahfud MD baru mengundurkan saat ini, Ganjar menegaskan, sebenarnya rencana itu sudah lama dibicarakan. Namun Mahfud menunggu waktu yang tepat.

”Tapi meski baru mundur sekarang, apakah yang lain ada yang mundur lebih dulu? Kan tidak. Maka Pak Mahfud lah yang selalu pertama,” pungkasnya.

Riyan