blank
ilustrasi gorengan. Foto: Pixabay

SEMRANG (SUARABARU.ID)- Gorengan merupakan bahan makanan yang dibuat dengan cara digoreng menggunakan minyak goreng.

Masih suka makan gorengan untuk sarapan nih? Jika sudah menjadi kebiasaan tiap pagi pasti bakal susah untuk berhenti bukan? Memang kenikmatan gorengan sudah tidak perlu diragukan lagi karena rasa gurih dan asinnya yang mengunggah selera. Apalagi yang masih baru digoreng tuh. Setuju banget kan kalo itu susah ditolak?

Nah bagi kamu yang masih terbiasa makan gorengan tiap mau sarapan, perlu memahami beberapa hal yang berkaitan dengan kesehatan tubuh.

Baca Juga; Bagi Pecinta Gorengan, Ini 5 Rekomendasi Kuliner Tahu Petis Enak di Semarang

Menyandur penjelasan ilmiah dari Dokter Reisa Broto Asmoro, makan gorengan di pagi hari bisa mengundang banyak kalori dan lemak berlebihan ke dalam tubuh. Dengan kata lain, kamu bisa mengundang obesitas ke tubuhmu sendiri.

Apalagi jika gorengannya itu digoreng dengan minyak yang sudah dipakai berkali-kali. Sangat berbahaya jika kadar lemak terlalu banyak di dalam tubuh.

Dilansir dari Suara.com untuk membantu masalah itu, saya akan membagikan beberapa tips yang bisa membantu mengurangi kebiasaan makan gorengan untuk santapan sarapan. Yuk kepoin caranya!

Baca Juga: Ini 4 Tips Menghindari Gorengan saat Berpuasa

1. Hindari lingkungan yang banyak menjual gorengan

salah satu pemicu kamu bernafsu makan gorengan adalah karena melihat ada pedagang yang jualan gorengan. Itu adalah pemicu sederhana dan termasuk sulit untuk dihindari.

Tetapi, jika kamu sudah mengetahui lingkungan atau daerah mana saja yang biasa pedagang gorengan berjualan, kamu bisa mengendalikan dirimu agar tidak melewati ke daerah sana. Jadi setidaknya itu bisa membantu mencegah nafsu makan gorenganmu bangkit.

2. Biasakan memasak makanan yang gurih selain gorengan

Salah satu keunggulan gorengan adalah rasa gurihnya yang menggoda. Itu sudah tidak bisa diragukan lagi. Nah, kamu harus bisa mencari penggantinya yang juga bisa memberikan rasa gurih.

Baca Juga:Benarkah Terlalu Banyak Mengonsumsi Gorengan Saat Berbuka Menyebabkan Kulit Kering?

Kamu bisa memasak soto atau sop yang dimasak dengan cara direbus. Kamu juga bisa memasaknya dengan bumbu rempah seperti pala, daun kemangi, daun seledri dan sejenisnya. Itu bisa mengganti gorengan secara perlahan-lahan dan berusahalah melakukan itu dengan konsisten.

3. Jika masih susah untuk berhenti, rutin minum teh hijau

Rasanya tidak mungkin jika langsung berhenti dengan instan. Pasti kamu bisanya mengurangi terlebih dahulu secara perlahan-lahan. Tidak perlu khawatir karena itu adalah bagian dari proses.

Nah, setiap setelah makan gorengan, netralkan dengan minum teh hijau yang diseduh dengan hangat. Air hangat aja sebenarnya sudah bisa membantu melancarkan pencernaan dan mengusir bekas lemak pada tenggorokan.

Baca Juga: Ini 7 Makanan yang Perlu Dihindari Saat Perut Kosong

Berdasarkan sumber dari detikfood, teh hijau mengandung flavonoid dan antioksidan yang mana ini bisa bantu menyeimbangkan kandungan oxidative dalam tubuh setelah makan makanan berlemak seperti gorengan. Cobalah setiap pagi jika masih makan gorengan, selalu ditutup dengan minum teh hijau.

Mungkin saat awal-awal mencoba berhenti, rasanya masih sulit. Oleh karena itulah yang namanya proses dilakukan secara bertahap asalkan kamu bisa konsisten. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk kamu yang suka makan gorengan dan semangat berjuang menghentikan kebiasaan makan gorengan saat sarapan.

Claudia