blank
Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (kiri) memimpin hening cipta saat tampil menjadi pembina upacara di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tertib berlalulintas, merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap orang, termasuk para siswa. Tujuannya, untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran dan kenyamanan bagi semua pengguna jalan.

Penegasan ini, Senin (29/1), disampaikan Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, saat tampil menjadi pembina upacara di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Wonogiri.

Kata Kapolres, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam tertib berlalulintas, antara lain tidak melakukan pelanggaran, disiplin menggunakan helm saat berkendara sepeda motor, menjaga kecepatan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, tidak melawan arus, tidak menggunakan ponsel saat berkendara.

Kepada para siswa, diserukan untuk tidak menggunakan knalpot brong. Karena disamping tidak standar dan tidak sesuai spesifikasi tehnik, knalpot brong memancarkan suara bising yang dapat mengganggu ketertiban umum dan kenyamanan masyarakat, serta dapat membahayakan bagi semua pengguna jalan.

Kapolsek

Suara knalpot yang bising, dapat membuat pengendara lain kehilangan konsentrasi, sehingga dapat menyebabkan kecelakaan. Hal lain yang harus dilengkapi adalah kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya. Bila itu diabaikan, dapat diancam hukuman pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

Pada bagian lain, kapolres juga menyampaikan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, Narkoba adalah musuh kita bersama, jangan sampai terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, untuk Wakapolres Kompol Heru Sanusi, Senin (29/1), tampil menjadi pembina upacara di SMA Islam Terpadu (IT) Al Huda Wonogiri.

Dalam kegiatan Police Goes To School ini, seluruh Kapolsek se jajaran, tampil menjadi pembina upcara di sekolah yang berada di masing-masing wilayahnya. Sebagaimana dilakukan oleh Kapolsek Jatiroto Iptu Pudiyono, misalnya, tampil menjadi pembina upacara di SMK Negeri 1 Jatiroto.
Bambang Pur