blank
Ilustrasi gorengan. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Gorengan jadi salah satu makanan yang digemari banyak orang. Menjelang berbuka puasa, ada banyak sekali pedagang yang menjajakan bebagai makanan salah satunya adalah gorengan.

Selain praktis, mengonsumsi gorengan saat berbuka juga terasa enak dan gurih. Hal ini mengakibatkan gorengan menjadi makanan yang sulit untuk dihindari.

Dilasnir dari Suara.com pasalnya, mengonsumsi gorengan saat puasa sangat tidak dianjurkan. Kandungan lemak yang cukup tinggi dalam gorengan membuat makanan satu ini sebaiknya dihindari karena dapat memicu berbagai masalah kesehatan.

Baca Juga:Ini 5 Buah yang Direkomendasikan Dimakan saat Puasa

Tentu saja ini bukan hal yang mudah terlebih bagi orang yang terbiasa mengonsumsi gorengan. Berikut ini tips menghindari gorengan selama puasa berdasarkan lansiran dari hellosehat.com.

1. Menguatkan niat untuk menghindari gorengan

Cara pertama yang harus dilakuka untuk menghindari gorengan selama puasa adalah dengan bertekad untuk tidak mengonsumsi gorengan. Pasalnya, di sekeliling kamu akan banyak penjual yang menjajakan gorengan yang tentunya akan mmembuatmu ingin menyantapnya. Perbanyak membaca bahaya yang ditimbulkan akibat mengonsumsi makanan yang digoreng.

2. Konsumsi camilan sehat

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari gorengan adalah dengan menyiapkan camilan pengganti yang sehat. Ada banyak sekali makanan sehat yang bisa kamu jadikan camilan seperti kacang almond, buah-buahan, dan roti. Selain dapat mencegah mengonsumsi gorengan, makan camilan sehat juga bermanfaat untuk menunjang kesehatan selama berpuasa.

Baca Juga: Tips Puasa Untuk Kesehatan Lambung

3. Menyajikan makanan dengan cara lain

Salah satu cara yang ampuh untuk mengurangi konsumsi gorengan adalah dengan menyajikannya dengan cara lain yang tentunya lebih sehat. Misalnya, saat kamu menemukan penjual roti goreng coba untuk membuat sendiri dirumah. Sajikan roti dengan cara dibakar untuk menghindari minyak namun rasanya tetap mendekati roti yang digoreng.

4. Membuat gorengan sendiri

Jika kamu sangat ingin makan gorengan, makan sesekali tidak masalah. Cobalah untuk membuat gorengan sendiri tentunya akan lebih sehat dibandingkan gorengan yang dibeli. Saat membuat gorengan sendiri kamu bisa menyesuaikan dengan kesukaanmu.

Selain itu, gunakan minyak yang lebih sedikit dan menghindari minyak sisa. Pasalnya, menggoreng makanan dengan minyak sisa akan menimbulkan penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.

Nah, itu dia 4 tips menghindari gorengan selama puasa yang bisa kamu terapkan. Tertarik mencoba?

Claudia