blank
Ilustrasi. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Musim hujan seperti sekarang ini sering terjadi. Musim hujan terjadi setelah musim kemarau sudah usai. Bahkan musim hujan di daerah tropis sangat dipengaruhi oleh pergerakan semu matahari.

Sinar matahari yang kurang maksimal, terkadang membuat baju menjadi tak kering, sehingga baju menjadi lembap dan bau apek. Jika sudah bau apek, mau dikasih pewangi apapun baunya akan tetap nempel pada baju sehingga membuat jadi kurang percaya diri dalam penampilan.

Dilansir dari Suara.com, untuk kamu yang sedang mengalami hal yang sama, berikut tips menghilangkan bau apek yang menempel pada baju, simak yuk!

Baca Juga: 

1. Masih Nyimpan Baju di Mesin Cuci? Duh, Jangan Lagi Deh

Kamu punya kebiasaan nyimpan baju kotor di dalam mesin cuci? Mulai sekarang jangan dilakuin lagi, ya. Serius, ini malah bikin baju jadi bau banget.

Kan baju kotor udah bau ya, kalau ditumpuk sama baju kotor lain, bakal lebih bau. Daripada disimpan di mesin cuci dan enggak tahu nyucinya kapan, mending dikastok/hanger atau dijemur di tali.

2. Pakai Baking Soda

Kalau lagi nyuci baju yang kotor dan bau, biasanya aku campurin baking soda ke detergen yang mau dipakai untuk mencuci. Enggak cuma bikin baju tambah bersih, baking soda juga bikin bau apek di bajuku hilang.

Baca Juga: Lima Tips Menjaga Rumah saat Musim Hujan

3. Usahakan Jemur Baju Sampai Kering

Enggak usah nunggu besoknya atau kapan, begitu baju selesai dicuci, langsung dijemur aja. Pastikan baju enggak terlipat atau talinya udah dilepas, biar dapat angin semua. Kalau enggak ada matahari mungkin kamu bisa pakai kipas atau yang penting dikastok/hanger yang bener dulu aja.

4. Cuci Jeans Pakai Arang

Jeans ini salah satu bahan pakaian yang susah banget keringnya, celana jeans kotor ditambah sinar matahari yang minim pasti bikin baunya apek banget.

Aku coba hilangkan dulu baunya pakai arang, caranya masukkan arang ke dalam pastik, terus di taruh di bawah tumpukan jeans kotor. Biarkan semalaman, nanti bau apeknya bisa cukup berkurang.

Baca Juga:Saat Musim Hujan Perlukah Mengaplikan Sunscreen? Yuk Simak…

5. Pisahkan Pakaian Basah dan Kering

Kalau kehujanan dan bajumu basah, jangan dijadikan satu sama baju kotor yang kering, ya. Ini bisa bikin baju yang kering ikut bau, jadi taruh di bak terpisah aja.

6. Perhatikan Tempat Menyimpan Baju

Selain cara nyuci, kamu juga perlu perhatikan tempat yang kamu pakai buat nyimpan baju. Usahakan tempatnya bersih, kering, dan bebas bau. Kalau masih kecium bau kayu dari lemari, bisa disemprot pakai cairan pewangi, ya.

Claudia