blank
Ilustrasi rumah saat hujan. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Hujan kerapkali membuat kekhawatiran terhadap para penghuni rumah. Hujan yang cukup deras disertai dengan hembusan angin yang kencang seringkali membuat kondisi rumah mengalami kerusakan, baik kerusakan yang kecil atau besar.

Oleh karena itu, penting bagi para penghuni rumah untuk mengecek kondisi rumah secara berkala di saat musim hujan datang. Tujuan pengecekan tersebut guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebab, jika kondisi rumah mengalami kerusakan maka hal tersebut dapat membahayakan para penghuni di dalamnya. Dilansir dari Suara.com, Berikut ini adalah beberapa tips dalam menjaga kondisi rumah saat memasuki musim hujan.

Baca Juga: Wajib Tahu! Lima Tips Efektif Mengusir Nyamuk Saat Musim Hujan

1. Memerikasa atap untuk terhindar dari kebocoran

Salah satu kondisi kerusakan yang seringkali dialami oleh banyak orang ketika masuk musim hujan adalah kebocoran pada atap. Tentunya kebocoran ini dapat membahayakan penghuni rumah yang ada di dalamnya.

Kamu dapat mengecek genteng rumah dengan menggunakan tangga. Kamu juga harus memastikan bahwa instalasi listrik yang terpasang di atap aman dari air. Jika kamu tidak bisa naik ke atap maka kamu dapat memanggil jasa tukang.

2. Memastikan udara tidak lembab

Saat memasuki musim hujan biasanya udara yang ada berubah menjadi lebih lembab. Oleh karena itu kamu harus dapat memastikan bahwa udara di dalam rumahmu tidak lembab. Udara yang lembab dapat memicu tumbuhnya jamur di dalam rumahmu.

Baca Juga: Empat Tips Aman Berkendara Menggunakan Sepeda Montor Ketika Musim Hujan

Kamu dapat mencegah udara yang lembab tersebut dengan memastikan sirkulasi udara berjalan baik. Kamu juga dapat menggunakan kipas angin untuk membuat perputaran udara di dalam rumahmu.

3. Melapisi pintu dan jendela dengan cat anti air

Saat musim hujan seringkali berbagai furnitur berbahan dasar kayu menjadi keropos karena air hujan. Diantara beberapa furnitur tersebut adalah pintu dan kusen jendela rumahmu.

Kamu dapat mencegah keroposan tersebut dengan menggunakan cat anti air. Cat anti air akan membuat furniturmu menjadi lebih kokoh dan tidak keropos saat terkena hujan.

Baca Juga: Saat Musim Hujan Perlukah Mengaplikan Sunscreen? Yuk Simak…

4. Menambal dinding agar tidak merembes

Jika dinding rumah kita sudah berdiri dalam waktu yang lama , maka seringkali kita akan menemui retakan di dinding tersebut. Tentunya retakan di dinding tersebut tidak baik karena dapat menjadi jalan masuk air.

Oleh karena itu penting bagimu untuk menambal retakan di dinding tersebut. Kamu dapat menambalnya dengan semen khusus yang kemudian dilapisi dengan cat plamir.

5. Membersihkan saluran air

Saluran air menjadi salah satu tempat yang harus kamu perhatikan saat musim hujan tiba. Kamu harus memastikan bahwa saluran airmu bersih dari sampah dan tidak tersumbat.

Saluran yang tersumbat dapat membuat lingkungan sekitarmu menjadi penyakit. Selain itu saluran air yang dipenuhi sampah dapat menjadi sumber penyakit yang membahayakanmu.

Itulah beberapa tips untuk menjaga kondisi rumahmu saat musim hujan. Bagaimana menurutmu, apakah tips ini bermanfaat untukmu?

Claudia