Dua pegawai Kemenag melakukan ukur arah kiblat pembangunan Masjid At-Taubah Lapas Semarang. Foto: Dok/Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menggandeng Kementerian Agama (Kemenag) melakukan pengukuran arah kiblat pada pembangunan Masjid At-Taubah Lapas Semarang, dengan alat ukur professional yang bernama Theodolite, Senin (22/1/2024).

Pengukuran dilakukan oleh dua pegawai Kemenag Kota Semarang. Mereka adalah sebagai penyuluh agama dan pelaksana seksi Bimas Islam.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari proses pembangunan Masjid At-Taubah. Kegiatan pengukuran arah kiblat didampingi langsung oleh Kepala Bagian Tata Usaha dan Kepala Bidang Pembinaan serta staf Bimbingan Kemasyarakatan (Bimkemasy).

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas I Semarang, Usman Madjid mengatakan, Lapas Kelas I Semarang saat ini tengah meningkatkan pelayanan ibadah dengan mengukur arah kiblat sebagai penyempurnaan ibadah.

“Pembangunan masjid yang baru itu perlu diukur arah kiblatnya dengan sempurna. Pengukuran arah kiblat bertujuan agar terhindar dari adanya kesalahan dalam menentukan arah kiblat salat berjamaah, khususnya di Masjid At-Taubah. Karena salah satu syarat sahnya salat adalah menghadap kiblat atau mengarah ke Ka’bah,” kata Usman.

Disampaikan, setiap warga binaan pemasyarakatan harus mendapatkan hak untuk beribadah, tidak ada yang dikecualikan. Bangsa Indonesia menganut kebhinekaan dengan berbeda-beda keyakinan. Mereka para warga binaan juga Warga Negara Indonesia yang selayaknya diberikan kenyamanan dan keamanan untuk beribadah.

“Berdasarkan Pasal 10 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan. Menjalankan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya (warga binaan) merupakan salah satu hak warga binaan yang harus difasilitasi oleh Lapas,” jelas Usman.

Setelah dilakukan pengukuran, didapat data yang terdiri dari data lintang, bujur, waktu, deklinasi matahari, equation of time, rasdhul kiblat, tinggi matahari, azimut matahari, dan azimut kiblat.

Menurut Usman, data tersebut disertakan dalam sertifikat arah kiblat yang akan dikeluarkan oleh Kemenag Kota Semarang, sebagai bukti bahwa masjid tersebut telah dilakukan pengukuran arah kiblat.

Ning S