blank
Kondisi SPBU Undip usai ledakan. Foto: Dok/Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kebakaran dan ledakan pada dispenser pompa bahan bakar di SPBU UndipTembalang terjadi pada Rabu (10/1/2024).

Informasi awal yang dihimpun dari saksi mata, kejadian tersebut bermula adanya ledakan dan kebakaran dari bagian belakang SPBU, tempat panel listrik dan genset berada.

Kapolsek Tembalang, Kompol Wahdah Maulidiawati menyampaikan, melihat kejadian tersebut, awalnya saksi mata langsung melarikan diri ke jalan utama bersama operator SPBU.

“Kurang lebih dua detik kemudian, dispenser atau šŸ pump 2, 4, 5, 8, dan 11 meledak. Satpam dan operator SPBU Undip berupaya memadamkan sisa api dengan menggunakan alat pemadam api milik SPBU dan melaporkan kejadian tersebut kepada Bhabinkamtibmas yang kemudian meneruskannya ke Kapolsek dan piket fungsi Polsek Tembalang,” ungkap Wadah dalam keterangan tertulisnya.

“Dengan dibantu Bhabinkamtibmas, Satpam SPBU dan operator gabungan berhasil memadamkan api dengan menggunakan alat APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Selanjutnya petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian bersama piket fungsi Polsek Tembalang dan Polsek Inafis Semarang,” sambungnya.

Wahdah menyatakan, polisi mengamankan tempat kejadian perkara dengan memasang garis polisi. Mereka juga telah berkoordinasi dengan Inafis Polrestabes Semarang dan Cabfor Labfor Polda Jateng untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut.

“TKP sudah kami amankan. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Inafis Polrestabes Semarang dan Cabfor Labfor Polda Jateng untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut,” ujar Wahdah.

Menurutnya, ledakan tersebut mengakibatkan rusaknya beberapa fasilitas di SPBU, antara lain tujuh dispenser pompa, satu genset, dan satu ruang panel listrik.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun petugas kebersihan SPBU mengalami luka ringan. Perkiraan kerugian materil kurang lebih Rp. 300 juta,” imbuhnya.

Ia menyatakan, Polrestabes Semarang terus menyelidiki penyebab kebakaran dan ledakan tersebut.

Ning S