blank
Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana di Surakarta, Selasa 10 Januari 2023. Foto: Pemprov Jateng

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengimbau kepada seluruh peserta kampanye tidak berkonvoi menggunakan kendaraan dengan knalpot brong.

“(Pendukung) yang mendatangi suatu tempat memang biasanya pakai kendaraan. Tetapi kan ya sudah jelas, sekarang knalpot brong tidak boleh lagi digunakan,” kata Nana Sudjana usai mengecek kesiapan dan pengamanan logistik di kantor dan gudang KPU Surakarta, Selasa, 9 Januari 2024.

Penggunaan knalpot brong pada kendaraan yang digunakan konvoi dapat mengganggu masyarakat. Konvoi yang dilakukan juga harus tetap mematuhi aturan lalu lintas.

“Kepolisian juga sudah melakukan edukasi dan penindakan supaya tidak ada lagi knalpot brong,” jelas Nana.

Untuk mengantisipasi potensi konflik yang terjadi pada saat kampanye, Pemprov Jateng terus berkoordinasi dengan TNI, Polri, KPU dan, Bawaslu. Termasuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat  dan partai politik tentang pemilu damai.

“Dari awal pun kami sudah melakukan langkah-langkah, kita lebih baik melakukan langkah-langkah pencegahan,” kata dia.

Pencegahan yang dilakukan juga dilakukan dengan melibatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Upaya untuk mendeteksi pun sudah terus kita lakukan. Jadi benih-benih yang akan menimbulkan kerawanan ini akan segera kita tangani dari awal,” katanya.

Diaz Aza