blank
Gambar yang ditemukan Bawaslu kini diamankan. Foto: ist

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Magelang menemukan poster berbentuk semacam alat peraga kampanye berisi foto salah satu calon legislatif (Caleg) DPR RI Dapil Jateng VI, Nusyirwan Soedjono, bersama seorang wanita. Beberapa gambar yang ditemukan kini diamankan Bawaslu Magelang.

Ketua Bawaslu M Habib Sholeh ketika diminta konfirmasi hari ini (Jumat 5/1/24) meminta untuk mengubungi Kordiv Penanganan Pelanggaran yang menangani kasus tersebut.

Komisioner Bawaslu Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan informasi, Fauzan Rofiqun, hari ini menjelaskan, terkait kasus tersebut pihaknya baru menemukan semacam alat peraga yang berisi konten, beberapa waktu lalu. Dua buah alat peraga ditemukan di wilayah Kecamatan Mertoyudan dan pada 2 Januari 2024 ditemukan lagi empat alat peraga di wilayah Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang.

Dari Bawaslu, menurut dia, berusaha melakukan penelusuran dan pendalaman. Terutama terkait siapa yang memproduksi dan memasang alat peraga tersebut.

Namun, lanjutnya, sejauh ini belum bisa melakukan tindak lanjut lebih jauh. Terutama selama pemasang dan pembuat konten alat peraga tersebut belum ditemukan.

“Ini semacam surat kaleng yang belum ditemukan pengirimnya, sehingga upaya yang bisa kami lakukan adalah pencegahan konten itu menyebar ke masyarakat. Karena itu kami katagorikan sebagai black campaign atau negative campaign, sehingga alat peraga tersebut kami amankan untuk menghindari konflik lebih jauh terjadi di masyarakat,” tandasnya.

Dalam alat peraga tersebut terdapat foto Nusyirwan sedang berjalan bersama seorang wanita.

Fauzan menerangkan bahwa pihak Nusyirwan belum berkomunikasi dengan Bawaslu terkait penyebaran alat peraga berbau negatif tersebut.

“Sementara belum ada (laporan dari yang bersangkutan). Jika Caleg tersebut atau siapa pun merasa dirugikan dan melapor kepada kami, maka kami terima dan akan kami proses sesuai prosedur,” pungkasnya.

Eko Priyono