blank
Ilustrasi. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)-  Mengisi liburan akhir tahun, banyak orang yang memanfaatkan momen tersebut untuk berlibur bersama teman atau keluarga.

Apalagi saat tak ada waktu berlibur di hari biasa. Berlibur ke suatu tempat yang ingin dikunjungi saat libur akhir tahun bisa menjadi kegiatan menyenangkan yang bisa kamu lakukan.

Di samping mengurangi stres, liburan dan rekreasi juga memberi manfaat bagi kesehatan mental dengan mengurangi kecemasan. Sama seperti halnya stres, kecemasan juga membuat Anda berpikir dua kali dalam mengambil suatu keputusan.

Baca Juga:Tips Liburan Hemat

Namun, saat musim liburan seperti akhir tahun biaya transportasi sampai penginapan cenderung naik. Itulah yang terkadang menjadi pertimbangan banyak orang sebelum berlibur.

Nah, buat kamu yang berencana liburan akhir tahun ini, kamu bisa mencoba tips liburan murah saat akhir tahun namun tetap nyaman dan aman. Yuk coba!

1. Menggunakan Kereta Api

Salah satu tips liburan murah saat akhir tahun adalah dengan memanfaatkan transportasi umum. Kamu bisa menggunakan kereta api untuk bepergian ke lokasi liburan. Untuk menghindari kehabisan tiket kereta, kamu bisa mencoba memesan tiket jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan.

Baca Juga: Liburan Tahun Baru, Objek Wisata Mendapat Prioritas Pengamanan

Dibandingkan dengan transportasi umum lain, kereta api juga tidak mengalami peningkatan harga meskipun sedang musim liburan. Tentu ini akan membantu kamu untuk lebih menghemat budget liburan.

2. Manfaatkan Promo

Akhir tahun biasanya akan banyak promo liburan termasuk mulai dari hotel, penginapan sampai paket liburan. Memanfaatkan promo dapat menjadi solusi bagi kamu yang ingin liburan murah saat akhir tahun. Pastikan kamu update harga hotel atau penginapan menjelang liburan. Promo dan diskon besar juga bisa kemu dapatkan jika memesan melalui aplikasi penyedia layanan.

3. Pilih Destinasi yang Terjangkau

Tips liburan murah selanjutnya adalah dengan berkunjung ke tempat yang terjangkau atau gratis. Ada banyak sekali tempat menyenangkan yang bisa kamu kunjungi dengan biaya yang terjangkau bahkan gratis. Dengan memilih destinasi wisata yang terjangkau, kamu bisa lebih menghemat anggaran liburan kamu. Berlibur tidak harus ke tempat yang mahal, bukan?

Baca Juga:Meski Cuti Liburan Usai, Perayaan Lebaran di Objek Wisata Masih Berlanjut

4. Persiapkan Budget

Menyiapkan budget sebelum liburan adalah hal yang sangat penting yang harus kamu lakukan sebelum pergi liburan. Kamu juga bisa membuat perkiraan rincian biaya yang akan kamu keluarkan saat berlibur. Membuat rincian biaya bisa membantu kamu terhindar dari terlalu banyak mengeluarkan uang yang berujung pada boros. Bukannya hemat, liburan akhir tahun kamu akan berujung pada menghabiskan banyak uang.

Nah, itu dia beberapa tips liburan murah saat akhir tahun yang bisa kamu coba. Jadi kamu tidak perlu khawatir liburan akhir tahunmu akan menghabiskan banyak uang.

Claudia