blank
Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (keempat dari kanan), saat melakukan patroli ke objek wisata bahari Pantai Klotok, pesisir Laut Selatan di Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Menyambut liburan Tahun Baru 2024, semua objek wisata di Kabupaten Wonogiri mendapatkan prioritas pengamanan. Tujuannya, untuk memberikan jaminan keselamatan kepada masyarakat yang melakukan rekreasi.

Untuk mempersiapkan pengamanan seluruh destinasi wisata, Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, telah melakukan kunjungan ke sejumlah tempat pelancongan yang ada di Kabupaten Wonogiri. Termasuk melakukan patroli ke wisata bahari Pantai Selatan Paranggupito, yang meliputi Pantai Nampu, Pantai Sembukan dan Pantai Klotok.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, semalam, mengabarkan, ikut mendampingi Kapolres, Wakapolres Kompol Andi M Akbar Mekuo bersama para Pejabat Utama (PJU) termasuk Kasi Propam AKP Sumarwan. Kedatangan rombongan Kapolres di objek wisata bahari Pantai Selatan, disambut Kapolsek Paranggupito AKP Susanto bersama jajaran Forkompincam dan para pengelola destinasi wisata laut setempat.

Menurut Kapolres, meski masih fokus untuk mengamankan gereja, tapi pengamanan ke objek wisata juga mendapatkan prioritas. Mengingat sejumlah tempat rekreasi di Wonogiri, belakangan ramai dikunjungi pelancong. Itu terjadi sejak memasuki liburan Natal 2023.

Pengamanan terhadap semua destinasi wisata, dilakukan guna memberikan jaminan pengamanan terhadap pelancong. Utamanya, untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya gangguan tindak kriminalitas, seperti pencopetan dan jambret.

Pos Pantau

Langkah pengamanan terhadap semua destinasi wisata, juga untuk menghindarkan keruwetan dan kemacetan saat terjadi lonjakan pengunjung. Petugas, akan senantiasa siap di lokasi, guna melakukan rekayasa pengaturan arus lalu lintas, manakala terjadi keruwetan dan ancaman kemacetan.

Berkaitan hal tersebut, Polres mendirikan sejumlah Pos Pantau di masing-masing lokasi objek wisata di seluruh Kabupaten Wonogiri. Bersama itu, juga menyiagakan personel yang bertugas menjaga keamanan. Ini dilakukan bersama anggota TNI serta unsur terkait lainnya. Termasuk melibatkan pula relawan siaga bencana maupun personel dari Search And Rescue (SAR) bersama masing-masing pengelola objek wisata.

Kapolres menyatakan, telah menugaskan sejumlah perwira sebagai personel pengendali, untuk tugas di masing-masing objek wisata dan pusat-pusat keramaian. Tujuannya, untuk memberikan pelayanan pengamanan, dalam upaya mewujudkan kenyamanan dan ketenteraman bagi masyarakat yang melakukan agenda liburan dalam merayakan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kepada masyarakat diserukan untuk mengedepankan aspek safety saat melakukan rekreasi ke objek wisata. Utamanya ke objek wisata tirta Waduk Gajahmungkur, maupun objek wisata yang ada kolam renangnya, serta saat melancong ke destinasi wisata laut.

Patuhi semua ketentuan, untuk menjaga keselamatan dan menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan. Bagi yang membawa anak-anak di bawah umur, agar senantiasa dijaga pengamanan dan keselamatannya.
Bambang Pur