Personel Polres Wonogiri, melakukan pengawalan distribusi kotak suara Pemilu 2024 untuk disimpan sementara di GOR Giri Mandala Kabupaten Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Polres Wonogiri, memberikan pengawalan distribusi logistik Pemilu 2024, yakni sebanyak 19.600 kotak suara. Distribusi dilakukan dari Gudang induk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri, ke Gedung Olahraga (GOR) Giri Mandala Wonogiri.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah melalui Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo, menyatakan, pengawalan distribusi kotak suara sebagai logistik Pemilu 2024 tersebut, dilakukan pada Hari Selasa (26/12).

Pengawalan berjalan aman sampai tujuan, dan dipastikan jumlah logistik yang didistribusikan, sesuai jumlah dan tidak terjadi adanya kerusakan. Juga terhindar dari kekhawatiran ancaman perusakan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Polisi, tandas Kapolres, berkomitmen bersama penyelenggara Pemilu, dalam hal ini adalah KPU beserta Bawaslu, senantiasa siap siaga memberikan pengamanan. Termasuk pengamanan seluruh proses distribusi logistik Pemilu secara tuntas, sebagai upaya ikut menyukseskan Pemilu 2024.

Logistik tersebut, semula disimpan di Gudang Induk KPU Wonogiri yang terletak di Kelurahan Kayuloko, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri. Untuk kemudian dipindahkan ke GOR Giri Mandala Wonogiri. Jumlahnya sebanyak 19.600 kotak suara, terdiri atas sebanyak 19.550 unit dan 50 unit cadangannya, untuk 25 Kecamatan se Kabupaten Wonogiri.

Guna pengamanan selanjutnya, Polres Wonogiri melakukan penjagaan sebagai antisipasi terhadap kemungkinan kemunculan gangguan keamanan di lokasi.

Langkah lain yang ditempuh, adalah menggelar patroli regu sterilisasi yang dilakukan oleh Satuan Samapta Polres Wonogiri. Utamanya yang bertugas melakukan pemindaian keberadaan benda-benda yang berpotensi menimbulkan bahaya, pada jam-jam rawan kejahatan.
Bambang Pur