blank
Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (kiri) berbincang dengan Kapolsek Bulukerto AKP Sandiya dan Camat Djuwariyah (kedua dan ketiga dari kiri) bersama unsur Forkompimcam Bulukerto, saat memantau ke Objek Wisata Goa Resi.(Dok.Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Keramaian Lebaran Idul Fitri di Wonogiri masih berlanjut. Meski cuti liburan yang ditetapkan pemerintah telah berakhir, dan mulai Rabu hari ini (26/4) menjadi hari pertama masuk kerja.

Di objek wisata Umbul Nogo, Desa Karanglor, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, perayaan Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 M yang dikemas dalam event Pekan Bakdan masih berlanjut sampai dengan Minggu (30/4) mendatang. Setiap hari, terhitung mulai Minggu (23/4) lalu disajikan hiburan full music life.

Panitia Pekan Bakdan Umbul Nogo, mengemas event perayaan Lebaran Umbul Nogo bersama Plethon Nada. Selama sepekan, setiap hari disajikan musik panggung dengan menampilkan MC Mr Plethon .

Di objek wisata yang terletak sekitar 35 Kilometer arah barat daya Ibukota Kabupaten Wonogiri ini, menghadirkan Bintang Tamu Atika, Lintang, Dilla Kecil, Mamik dan Degleng.

Demikian halnya dengan Objek Wisata Tirta Waduk Gajahmungkur, Wonogiri, juga mengemas Pekan Lebaran Tahun 2023 ini berlangsung sampai dengan Minggu (30/4) mendatang. Dimulai Minggu (23/4) lalu dengan setiap harinya menyajikan hiburan musik life.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Disparpora) Kabupaten Wonogiri, Haryanto, menyatakan, pada hari terakhir Pekan Lebaran Waduk Gajahmungkur, Minggu (30/4), akan digelar prosesi kirab dan ritual andum (berbagi) ketupat, menandai Bakda Kupat.

Andum Kupat

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Wisata Kabupaten Wonogiri, Pardianto, menambahkan, setiap hari selama Pekan Lebaran, di objek wisata Waduk Gajahmungkur disajikan music life dari Group Rolan Jaya, Elvano Music, Hana Music Entertainment, Relista Music, Feri Music, Musik Rock, Simek Music.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah turun sendiri memimpin pengamanan dan memantau langsung ke sejumlah objek wisata yang menggelar perayaan Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 M.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, menyatakan, Kapolres tampil langsung memimpin apel pengamanan di pelataran Objek Wisata Waduk Gajahmungkur Wonogiri. Apel diikuti oleh jajaran Polres bersama prajurit TNI dari Kodim 0728 Wonogiri, dengan melibatkan aparat dari instansi terkait seperti dari Dishub, Satpol-PP, Disparpora. Juga menyertakan relawan dari Search And Recue (SAR) dan pihak terkait lainnya.

Kata Kapolres, pelayanan pengamanan perayaan Lebaran yang dilakukan petugas, sebagai wujud eksistensi pemerintah yang hadir untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga masyarakat yang sedang merayakan Hari Raya Idul Fitri. Utamanya yang melakukan liburan ke objek-objek wisata di Kabupaten Wonogiri.

Usai menggelar apel gabungan, Kapolres melakukan pemantauan langsung ke sejumlah objek wisata seperti ke Pantai Nampu dan Pantai Sembukan di Kecamatan Paranggupito, Istana Parnaraya, Umbul Nogo, Goa Resi dan objek wisata lain di Wonogiri yang menggelar perayaan Lebaran.

Bambang Pur