ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kepiting merupakan binatang anggota krustasea berkaki sepuluh dari upabangsa Brachyura, yang dikenal mempunyai “ekor” yang sangat pendek, atau yang perutnya sama sekali tersembunyi di bawah dada.

Kepiting jadi salah satu hewan krustasea yang lazim dan populer dikonsumsi oleh masyarakat. Kepiting ada yang hidup di perairan laut adapula yang hidup di air tawar.

Hewan satu ini dikenal memiliki daging yang lembut dan memiliki citarasa gurih apabila dimasak. Kendati memiliki cangkang yang keras, kepiting juga seringkali ditemukan dibudidayakan guna diambil dagingnya.

Baca Juga:Taukah Kamu Ternyata Ikan Baronang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh, Yuk Simak…

Hewan yang memiliki capit untuk pertahanan diri dan mencari makan tersebut ternyata juga memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh apabila dikonsumsi.

Kepiting mengandung jumlah omega-3 yang baik, terutama asam lemak omega-3 EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic). Omega-3 merupakan lemak sehat yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung, mengurangi peradangan, dan mendukung fungsi otak yang baik.

Ini karena kepiting mengandung B12 dan asam folat yang cukup tinggi, lho. Kedua nutrisi ini berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 dan folat, diharapkan tubuh dapat memproduksi sel-sel darah merah baru yang sehat.

Baca Juga: Tergolong Mahal, Ini Tiga Manfaat Mengonsumsi Kerang Abalon

Manfaat dari mengkonsumsi kepiting yaitu, dapat membantu dalam menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan mata, mencegah kerusakan pada sel tubuh, dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Berikut 3 manfaat dari mengonsumsi daging kepiting dikutip dari laman halodoc.com dan artikel kesehatan relevan lainnya.

1. Mampu Mencegah Anemia

Kepiting merupakan salah satu jenis makanan seafood yang kaya akan nutrisi. Melansir dari data yang dirilis oleh USDA Food Data Central, dalam setiap 100 gram daging kepiting terdapat sekitar 13,8 gram protein, 3, 8 gram lemak dan 151 kalori.

Baca Juga: Meningkatkan Mood dan Konsentrasi, Ini Tiga Manfaat dari Mengonsumsi Kopi Hijau

Menurut pemaparan dari artikel berjudul “Crab: Are There Health Benefits?”, kandungan vitamin B12 yang terdapat pada daging kepiting mampu untuk mencegah risiko anemia.

Selain itu, kandungan asal folat yang terdapat pada makanan laut seperti kepiting juga mampu menurunkan kadar defisiensi vitamin pada sel darah.Hal tersebut juga mampu meningkatkan stamina tubuh saat melakukan aktivitas harian.

2. Menjaga Kesuburan Organ Reproduksi

Daging kepiting juga baik dikonsumsi untuk tujuan menjaga kesehatan organ reproduksi.

Melansir dari artikel berjudul “The nutritional and healthy facts about shellfish”, daging hewan bercangkang seperti kerang, udang atau kepiting memiliki kandungan zinc yang baik untuk merawat organ reproduksi.

Baca Juga: Mengandung Asam folat, Ini Tiga Manfaat Mengonsumsi Burung Dara bagi Tubuh

Senyawa zinc yang ada dalam daging kepiting diyakini mampu menormalkan siklus menstruasi pada wanita karena dapat meningkatkan hormon tertentu.

Selain itu, zinc juga dapat berperan bagi organ kesuburan pria, yakni melapisi sel sperma dalam organ reproduksi agar mampu bertahan dari infeksi bakteri.

3. Menjaga Kesehatan Otak

Hewan laut seperti kepiting juga tinggi akan kandunga asam amino omega-3 yang baik untuk kesehatan sistem saraf pada otak. Situs kesehatan halodoc.com melansir, kandungan omega-3 tersebut cukup baik untuk menurunkan risiko menyakit seperti demensia dan Alzheimer.

Selain kandungan vitamin B2 yang terdapat pada dagingnya, kepiting juga mampu meningkatkan kondisi mood pada diri seseorang.

Nah, itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi daging kepiting. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia