blank
ilustrasi ikan baronang yang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ikan Baronang merupakan jenis ikan air asin yang mendiami perairan laut dangkal yang tersebar di wilayah Indo-Pasifik dan area timur Laut Tengah. Ikan Baronang atau dengan nama lain S. canaliculatus memiliki ciri-ciri morfologi yaitu kepala yang tidak bersisik, tubuhnya membujur dan memipih lateral, Tubuh dilindungi oleh sisik yang kecil dan halus dengan warna yang bervariasi, memiliki tipe sisik cycloid, mulut kecil, posisinya terminal.

Mengonsumsi ikan ini dapat membant untuk meningkatkan kekuatan otot. Hal ini karena ikan baronang mengandung sekitar 14,50 gram protein, per 100 gram daging ikan yang segar. Protein menjadi salah satu kandungan yang penting untuk menjaga massa otot.

Kandungan vitamin A yang ada pada ikan baronang sebesar 187,27 IU/100g dan vitamin B12 sebesar 1,40 μg/100g. Kandungan mineral tertinggi adalah kalium yaitu sebesar 1050,95 mg/100g. Analisis mikroskopi menunjukkan adanya kolagen pada kulit ikan baronang.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Ikan Lele untuk Bumil, Diantaranya Rendah Merkuri

Melansir dari laman USDA Food Data Central, dalam 100 gram ikan baronang memiliki kandungan protein sekitar 14,7 gram. Selain itu, ikan ini juga tergolong rendah lemak dan memiliki kandungan mineral seperti natrium, kalsium dan kalium yang baik bagi tubuh. Hal inilah yang membuat ikan ini memiliki segudang manfaatb bagi tubuh apabila dikonsumsi. Dilansir dari Suara.com, berikut 3 manfaat mengonsumsi ikan baronang bagi tubuh.

1. Mengoptimalkan Sistem Metabolisme

Kandungan nutrisi yang yang terdapat pada daging ikan baronang diyakini dapat berperan cukup baik bagi sistem metabolisme tubuh. Melansir dari artikel dalam “International Food Research Journal”, daging ikan baronang dikenal memiliki kandungan asam amino yang cukup tinggi. Asam amino tersebut dapat berperan sebagai senyawa pengoptimal sistem metabolisme dalam tubuh.

Asam amino yang terkandung dalam ikan ini merupakan amino esensial dan non-esensial. Asam amino glutamate dalam 100 gram daging ikan ini diketahui mencapai jumlah sekitar 2 mg. Kandungan asam amino glutamate inilah yang diketahui dapat merangsang sistem metabolisme sekaligus memberikan rasa gurih pada ikan.

Baca Juga:Selain Mudah Diolah, Ini 5 Manfaat Ikan Sarden Bagi Kesehatan

2. Meningkatkan Kekuatan Otot

Kandungan protein yang cukup tinggi pada daging ikan baronang diyakini dapat meningkatkan kekuatan dan membantu pertumbuhan massa otot. Melansir dari situs halodoc.com, jumlah protein sekitar 14 gram dalam setiap 100 gram daging ikan baronang merupakan jumlah yang cukup besar untuk daging jenis ikan.

Protein tersebut selain dapat membantu memperlancar sistem metabolisme, juga dapat membantu pembentukan massa otot sekaligus menguatkannya. Oleh karena itu, para binaragawan ataupun kamu yang sedang dalam proses penggemukan berat badan cukup disarankan mengonsumsi ikan baronang sebagai sumber protein.

3. Mencegah Migrain

Salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi ikan baronang adalah menurunkan risiko migrain. Melansir dari situs halodoc.com, daging ikan baronang mengandung vitamin B12 dan riboflavin yang dapat menurunkan risiko migrain atau sakit kepala sebelah. Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan bahwa mengonsumsi ikan baronang dapat menurunkan risiko migrain, akan tetapi kandungan senyawa tersebut memang dapat mencegah terjadinya migrain dalam jumlah tertentu.

Nah, itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi ikan baronang. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia