blank
Ilustrasi kopi Hijau yang kaya manfaat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kopi hijau merupakan biji kopi biasa yang belum dipanggang. Rasanya jauh lebih lembut ketimbang kopi biasa. Malahan rasanya seperti teh herbal ketimbang kopi pada umumnya. Kopi hijau memiliki manfaat yang lebih baik ketimbang kopi biasa.

Biji kopi hijau telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan bagi penderita hipertensi. Kopi hijau mengandung asam chlorogenic yang dapat mengurangi kadar kortisol dalam darah yang berujung pada menurunnya tekanan darah.

Kopi hijau baik juga untuk diet diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung senyawa asam klorogenat. Zat ini dipercaya memiliki efek antioksidan yang dapat membantu menurunkan berat badan serta menghambat penumpukan lemak. Kopi hijau juga diduga memiliki efek yang baik untuk menjaga kesehatan otak.

Baca Juga: Kopi Tokawi Pacitan, Peninggalan Belanda di Era Tanam Paksa

Kopi hijau memang tidak terlalu sering dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini kemungkinan dikarenakan rasanya yang cenderung berbeda daripada mengonsumsi kopi-kopi pada umumnya. Kopi hijau juga dianjurkan menjadi salah satu minuman herbal yang baik bagi tubuh. Berikut 3 manfaat dari mengonsumsi kopi hijau dikutip dari laman halodoc.com.

1. Mengontrol Kadar Kolesterol

Mengonsumsi kopi hijau diyakini memiliki efek mengontrol kadar kolestrol. Melansir dari artikel berjudul “What Is Green Coffee? All You Need to Know”, kopi hijau memiliki kemampuan mengontrol jumlah kortisol yang lebih baik daripada kopi biasa pada umumnya. Kopi hijau yang telah diekstrak tanpa melalui proses pemanggangan atau pemasakan diyakini menjaga kadar senyawa pengontrol kortisol dalam biji kopi tersebut.

Selain itu, ekstrak dari kopi hijau juga diyakini dapat mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Hal ini tentunya cukup baik dikonsumsi bagi orang-orang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selain itu, kopi hijau juga diyakini mampu memperbaiki sistem pembuluh darah.

Baca Juga: Minum Kopi Jadi Gaya Hidup, Sekda Jepara: Entertainment Unsur Penting Usaha Penyajian Kopi

2. Menurunkan Risiko Kanker

Biji kopi hijau diyakini memiliki kandungan anti oksidan yang lebih baik daripada biji kopi yang telah melalui proses pemasakan atau pemanggangan. Melansir dari artikel berjudul “10 Green Coffee Bean Extract Benefits (According to Science)”, kopi hijau memiliki kandungan asam klorogenat yang baik dalam menangkal pertumbuhan sel kanker, khususnya kanker usus besar. Namun, meskipun diyakini dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, mengonsumsi kopi hijau bagi orang-orang yang memiliki masalah pada saluran pencernaan juga tidak dianjurkan terlalu sering.

3. Meningkatkan Mood dan Rasa Fokus

Selazimnya mengonsumsi kopi pada umumnya, kopi hijau juga diyakini mampu meningkatkan rasa mood pada seseorang sekaligus menjaga fokus. Melansir dari artikel berjudul “The impact of caffeine on mood, cognitive function, performance and hydration: a review of benefits and risks”, seseorang yang mengonsumsi kopi hijau sebanyak 1 cangkir perhari diyakini dapat menjaga fokus dan konsentrasi dalam melakukan aktivitas harian. Selain itu, kemampuan kopi hijau yang mampu menjaga mood tetap stabil juga diyakini membuat tubuh merasa lebih rileks.

Nah, itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi kopi hijau bagi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudi