blank
Tim Supervisi Operasi Lilin 2023 dari Mabes Polri meninjau GT Kalikangkung untuk mengecek kesiapan Polda Jateng dalam pengamanan kegiatan masyarakat selama Nataru. Foto: Dok/Bidhumas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Supervisi Operasi Lilin 2023 dari Mabes Polri meninjau GT Kalikangkung untuk mengecek kesiapan Polda Jateng dalam pengamanan kegiatan masyarakat, selama liburan Natal dan Tahun Baru, Minggu (24/12/2023).

Tim yang dipimpin oleh Ketua tim Supervisi Direktur Samapta Korps Sabhara Baharkam Polri, Brigjen Pol Rudy Antariksa ini diterima langsung oleh Karo Ops Polda Jateng, Kombes Pol Basya Radyananda selaku Karendal Operasi Daerah didampingi sejumlah PJU dan seluruh Kasubsatgas serta personel Subsatgas Operasi Lilin Candi 2023.

“Tujuan dari supervisi adalah untuk memastikan jajaran di kewilayahan menjalankan kegiatan operasi yang telah direncanakan dengan baik oleh Mabes Polri, sehingga cara bertindak dan gelaran personel sesuai dengan SOP yang ditetapkan,” ujar Brigjen Rudy Antariksa.

Menurutnya, potensi pergerakan masyarakat pada liburan natal dan tahun baru kali ini meningkat 2,5 kali lipat dibanding tahun kemarin. “Prediksi puncak arus mudik Nataru di tanggal 22-23 Desember, sedangkan untuk arus arus balik tanggal 26-27 Desember dan tanggal 1-2 Januari,” ungkapnya.

Namun menurutnya, jumlah pergerakan masyarakat belum sebanyak libur Lebaran, sehingga pemberlakukan One Way dari Korlantas dirasa belum perlu dilakukan. “Masih cukup melalui upaya rekayasa arus dan contraflow,” tuturnya.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, situasi kamtibmas di beberapa wilayah mengalami peningkatan sebagai imbas meningkatnya situasi politik dalam proses Pemilu 2024.

Disebutkan bahwa tantangan tugas Polri semakin komplek. Dalam Operasi Lilin tidak hanya pengamanan tempat ibadah dan arus mudik balik, namun juga antisipasi terorisme, penanganan bencana alam serta ketahanan pangan masyarakat.

“Hal ini perlu kesiapan kita semua. Selain itu pengamanan di tempat-tempat wisata, objek vital dan pemukiman warga juga harus kita antisipasi,” lanjutnya.