blank
Tim Supervisi Operasi Lilin 2023 dari Mabes Polri meninjau GT Kalikangkung untuk mengecek kesiapan Polda Jateng dalam pengamanan kegiatan masyarakat selama Nataru. Foto: Dok/Bidhumas

Dirinya meminta agar seluruh jajaran tidak lengah, karena semua ini memerlukan kesiapsiagaan Polri, untuk menciptakan harkamtibmas di tengah masyarakat.

Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan operasi kepolisian yang digelar mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat selama musim liburan Natal dan Tahun Baru.

“Indikator keberhasilannya yaitu kejahatan yang meresahkan berhasil ditekan, turunnya jumlah kecelakaan lalu lintas, serta tercukupinya kebutuhan bahan pokok masyarakat terutama BBM,” tandasnya.

Dalam pelaksanaan operasi, pihaknya meminta adanya keterpaduan dari seluruh fungsi yang terlibat, termasuk keterlibatan stakeholder terkait.

Dalam kesempatan tersebut, Karo Ops Polda Jateng selaku Karendal Operasi Daerah, Kombes Basya Radyananda menyebut, meski pelaksanaan operasi lilin candi bersamaan dengan operasi mantap brata, pihaknya menjamin pelaksanaan kedua kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal.

“Berdasarkan instruksi Kapolda agar keterlibatan personel kami dibagi, agar pelaksanaan kegiatan operasi berjalan lancar,” kata Basya.

Disebutkan bahwa selain anggota Polri, operasi lilin candi juga melibatkan personel dari TNI dan instansi terkait. “Personel dari instansi lain juga kami libatkan untuk hadir secara fisik di pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu, sehingga pelaksanaan tugas operasi bisa berjalan secara sinergi,” pungkasnya.

Ning S