Siti Atikoh menunjukkan salah satu hasil UMKM yang banyak dilakukan kaum perempuan. Foto: tmgp

LAMONGAN (SUARABARU.ID)- Istri Calon Presiden (Capres) RI 2024 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti, berdiskusi bersama ratusan pelaku UMKM di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Di kesempatan itu, dia menyatakan, keberpihakannya kepada kaum perempuan dan marjinal, yang kerap kali terasingkan.

”Ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk men-support mereka. Salah satunya kredit usaha khusus perempuan. Tetapi saya tidak menjanjikan, sehingga keberpihakan kita kepada kaum marjinal benar-benar nyata,” ucap Atikoh, usai acara bertajuk Dialog dan Penyerahan Sertifikat Produk UMKM, di Gedung Korpri Lamongan, Rabu (20/12/2023).

Atikoh pun mendorong, agar para pelaku UMKM bertransformasi ke ruang digital. Selain itu juga, dengan menerapkan model pemasaran yang lebih efisien dan efektif.

BACA JUGA: Sejarah Mencatat Peran Penting Kepemimpinan dan Perjuangan Perempuan di Nusantara

Berdiskusi dengan ratusan pelaku UMKM di Kabupaten Lamongan, Siti Atikoh menyatakan keberpihakannya kepada kaum perempuan dan marjinal. Foto: tmgp

”Ada anak-anak muda yang sudah memiliki kompetensi digital marketing, bisa menggerakkan pelaku UMKM, melakukan pembinaan bagaimana cara memotret, menarasikan dan memasarkan ke ruang digital,” katanya.

Selain berdiskusi dengan ratusan pelaku UMKM, Atikoh juga menyerahkan secara langsung, sertifikat produk UMKM dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Sertifikat itu adalah, Nomor Induk Berusaha (NIB). Atikoh berharap, dengan NIB ini, nantinya pelaku UMKM bisa mendapatkan apapun akses yang dibutuhkan.

”Dengan dokumen ini, usaha sudah diakui dan terlindungi akses program pemerintah. Tentu ini juga bisa diintegrasikan. UMKM biasanya dari sisi permodalan bisa difasilitasi pemerintah,” tandasnya.

Riyan