blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Teknik Elektro Universitas Semarang mengadakan Pelatihan Pengembangan Robotika bagi Siswa/Siswi SMAN 4 Semarang di laboratorium SMAN 4 Semarang Jl. Karangrejo Rejo Raya No 12A, Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang pada 15 Desember 2023.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Teknik Elektro Universitas Semarang memberikan Pelatihan Pengembangan Robotika bagi Siswa/Siswi SMAN 4 Semarang di laboratorium SMAN 4 Semarang Jl. Karangrejo Rejo Raya No 12A, Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang pada 15 Desember 2023.

Kegiatan yang didanani oleh Universitas Semarang (USM) tersebut dilangsungkan secara offline dan diikuti oleh 15 peserta.

Tim PkM USM terdiri atas Dr Ir Andi Kurniawan Nugroho ST MT IPM, La Ode Muhamad Idris ST MT dan Sri Heranurweni ST MT bekerja sama dengan SMAN 4 Semarang mengadakan Pelatihan Pengembangan Robotika bagi Siswa/Siswi SMAN 4 Semarang di laboratorium SMAN 4 Semarang Jl. Karangrejo Rejo Raya No 12A, Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang pada 15 Desember 2023.

Ketua Pelaksana Dr Ir Andi Kurniawan Nugroho ST MT IPM mengatakan, tujuan pelatihan adalah sebagai tindak lanjut kesepakatan kerja sama bidang penelitian dan pengabdian serta untuk memperkenalkan dan melatih peserta dalam bidang robotika, terutama penggunaan mikrokontroller berbasis STM32.

”STM32 ARM Cortex-M merupakan mikrokontroler yang diproduksi oleh STMicroelectronics dengan 32-bit RISC ARM Cortex-M processor dan memiliki clock frekuensi mulai dari 32 MHz sampai 400 MHz,” katanya.

Menurutnya, jika dibandingkan dengan mikrokontroler ATmega maupun board Arduino yang hanya mempunyai kinerja processor 8-bit dan clock frequensi maksimal 16MHz maka STM32 jelas mempunyai kinerja yang lebih tinggi.

”Dalam pelatihan ini diisi dengan instalasi software, serta langkah-langkah dasar dalam menggunakan fasilitas yang terdapat di modul STM32. Di samping itu, kegiatan ini juga menjadi fasilitas untuk memperlengkapi dan mengarahkan peserta yang hadir untuk mengikuti lomba robotik yang sering diselenggarakan oleh berbagai Universitas serta mempersiapkan para siswa untuk mengikuti lomba teknologi tepat guna. Kami berharap, siswa-siswi SMAN 4 Semarang dapat berprestasi dalam kancah regional maupun nasional,” ungkapnya.

Muhaimin