blank
Bupati Indrata Nur Bayu Aji (kiri) menyampaikan sambutan dalam acara sarasehan Karang Taruna se-Kabupaten Pacitan. Berharap, kaum muda tidak alergi politik dan angka kesertaan pemilih muda meningkat.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, minta, agar para pemuda tidak alergi terhadap politik. Orang nomor satu di Kabupaten Pacitan, Jatim, ini berharap tingkat kehadiran dan kesertaan pemilih muda dalam Pemilu 2024 dapat meningkat.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, hal tersebut disampaikan langsung Bupati dalam acara sarasehan dengan Karang Taruna Desa/Kelurahan/Kecamatan Se-Kabupaten Pacitan. Acara sarasehan digelar Kamis (14/12), di Gedung Pertemuan UPT PPP Tamperan Pacitan.

Dalam pesta demokrasi Pemilu 2024, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji minta kaum muda sebagai generasi milenial, bisa mengambil peran. Salah satunya, tambah Bupati, dengan hadir di Tempat Pemungutan Suara (TPS), untuk menyalurkan hak politiknya sebagaimana yang dimilikinya.

Saat ini, tandas Bupati, sudah Bulan Desember dan sebentar lagi memasuki Tahun 2024. Yakni tahun dimana ada agenda nasional Pemilu Presiden Wakil Presiden, Pemilu Legislatif (Pileg) dan juga Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Menyikapi banyaknya agenda pesta demokrasi tersebut, Bupati, berharap agar pemuda bisa mengambil peran demi suksesnya Pemilu. ”Jangan menjauh, jangan menghindar dari politik, juga jangan berpandangan negatif kepada politik,” tandas Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan).

Sukses Pemilu, menurut Bupati Aji bukan sekedar penyelenggaraan berjalan aman dan lancar. Namun juga didukung tingkat partisipasi pemilih yang datang. Saat ini, jumlah pemilih muda atau pemula sangat besar, jika dibanding dengan pemilih usia tua. Namun, fakta yang muncul justru sebaliknya, tingkat kehadiran pemilih muda masih di bawah pemilih usia tua.

”Sampaikan ke temen-temen di sekitar panjenengan, untuk datang menyalurkan hak pilih. Siapapun calonnya yang dipilih, bisa dikenali dulu. Untuk pilihan, terserah temen-temen semua,” kata Bupati.

Dalam kesempatan tersebut juga dibacakan Deklarasi Pemilu Damai Karang Taruna Tahun 2024 oleh seluruh peserta sarasehan.
Bambang Pur