blank
Salah satu peserta lomba stand up comedy foto bersama yuri. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia MTs Kabupaten Wonosobo memperingati Bulan Bahasa 2023, menggelar berbagai lomba di kampus MTs Negeri 1 Wonosobo.

Lomba yang juga dalam rangka memeriahkan Hari Amal Bakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama itu, berlangsung, Selasa (12/12/2023), diikuti 34 perwakilan MTs Negeri/Swasta dan 147 peserta lomba.

Ketua Panitia Bulan Bahasa MGMP Bahasa Indonesia MTs Suyono mengatakan lomba Bulan Bahasa dibuka Kepala Kemenag Wonosobo Panut. Adapun cabang yang dilombakan yakni pidato, mendongeng, stand up comedy dan baca puisi.

“Lomba digelar dengan tujuan melestarikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Melatih siswa menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Memupuk jiwa nasionalisme melalui cinta berbahasa Indonesia,” tegasnya.

Era Global

blank
Ketua Panitia Lomba Bulan Bahasa MGMP Bahasa Indonesia MTs Wonosobo, H Suyono, SAg MSi. Foto : SB/Muharno Zarka

Kepala Kemenag Wonosobo Panut mengapresiasi upaya penerapan berbahasa Indonesia yang baik dan benar bagi siswa MTs melalui lomba pidato, mendongeng, baca puisi dan stand up comedy.

“Lomba dalam rangka memperingati Bulan Bahasa ini sangat baik. Apalagi di era digital di mana marak komunikasi via media sosial banyak dilakukan generasi milenial. Saat ini, familier bahasa gaul yang jauh dari kaidah berbahasa yang santun,” tegasnya.

Maka para pelajar MTs, lanjutnya, harus tetap menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar saat bermedsos. Sebab cara berbahasa yang baik dapat menunjukkan citra diri pribadi yang berkarakter baik pula.

“Di era global di mana model komunikasi didominasi melalui sistem digitalisasi, jika tidak punya kesadaran berbahasa yang santun, maka yang ada adalah saling memaki dan menebar ujaran kebencian. Ini yang harus diredam dan dihindari,” paparnya.

Muharno Zarka