blank
Wali Kota Muchamad Nur Aziz saat membuka Magelang Parekraf Fair 2023. (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)


MAGELANG (SUARABARU.ID) –
Magelang Parekraf Fair 2023 digelar meriah di Lapangan KOPTI, Kampung Warna-Warni, Desa Wisata Tidar Campur, Kelurahan Tidar Selatan, Kota Magelang, 8 – 10 Desember 2023. Kegiatan ini melibatkan pelaku usaha pariwisata, usaha ekonomi kreatif, desa wisata maupun UMKM.

Kegiatan itu dibuka Wali Kota dr. Muchamad Nur Aziz, Jumat (8/12). Dia mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang tersebut.

‘’Saya mengapresiasi Dispora, untuk menghidupkan wisata dan ekonomi Kota Magelang, khususnya di Tidar Dudan dan Tidar Campur. Harapannya., tidak hanya sekali tapi kegiatan jadi rutinitas,’’ pintanya.

Dokter spesialis penyakit dalam itu menyatakan, semua stakeholder harus berkolaborasi, termasuk dengan masyarakat. Karena Kota Magelang yang maju tidak bisa sendiri.

blank
Meninjau stan kerajinan wayang kulitr. (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

‘’Mimpi ke depan Magelang Parekraf Fair dibuat lebih besar, profesional dengan pendanaan lebih kuat lagi. Ini marketingnya masih lokal. Mudah-mudahan nanti bisa lebih berkembang,’’ harapnya.

Kepala Dispora Kota Magelang, Sarwo Imam Santosa memaparkan, Magelang Parekraf Fair 2023 bertujuan untuk menggali potensi ekonomi kreatif (ekraf) di Kota Magelang, terutama di Desa Wisata Tidar Campur dan Tidar Dudan serta seluruh kelurahan.

‘’Harapannya (setelah) dipromosikan, ekraf jadi maju, dalam rangka pemberdayaan masyarakat. Ini merupakan hasil kolaborasi dari beberapa OPD, termasuk Dikbud dan beberapa dinas yang bergabung untuk mensukseskan parekraf Kota Magelang,’’ terangnya.

Adapun bentuk kegiatan meliputi expo produk wisata, expo produk ekonomi kreatif, lomba menggambar dan mewarnai, pentas seni dan budaya, kuliner, senam, jalan santai dan sebagainya. Peserta expo berasal dari 17 kelurahan, 13 destinasi wisata dan 10 komunitas wisata. (prokompimkotamgl)