blank
Ganjar duduk bersimpuh sambil membacakan doa untuk almarhum Hamka Haq, yang telah berpulang. Foto: tmgp

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Kabar duka datang dari keluarga besar Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Makassar. Politikus senior PDIP sekaligus guru besar UIN Alauddin, Prof Dr Hamka Haq, meninggal dunia, Kamis (7/12/2023).

Kepergian ulama sekaligus politikus gaek partai banteng montong putih itu, meninggalkan duka bagi Calon Presiden RI 2024 nomor urut 3, Ganjar Pranowo. Ganjar yang mempunyai hubungan dekat dengan Hamka, melayat ke rumah duka seusai tiba dari kunjungannya ke Ibu Kota Negara (IKN), di Kalimantan Timur, Kamis (7/12/2023).

Ganjar tiba di rumah duka sekitar pukul 18.30 WIB. Dia disambut putra Hamka, istri dan kerabat. Setelah menyampaikan duka cita, Ganjar duduk di hadapan jenazah Hamka untuk berdoa, dan memberikan penghormatan terakhir.

BACA JUGA: Jateng Kirim Duta Seni dan Wisata di Pentas di TMII dan Kota Tua Jakarta 

”Prof Hamka itu dulu tetangga saya saat di Cibubur. Beliau seorang alim, ulama, ilmu dan wawasannya luas. Saya orang yang beruntung, karena sering mendapat banyak nasihat dari beliau,” kenang Ganjar.

Sejak menjadi anggota DPR RI hingga saat ini, Ganjar mengaku sering berkomunikasi dengan Hamka. Bahkan ketika dia mendapat persoalan, dia selalu berkonsultasi dengan Hamka Haq.

”Beliau orang yang sangat baik, kalau ketemu saya, saya selalu ditepuk-tepuk, dipeluk dan didoakan. Beliau selalu bilang, sabar, tabah dan jalan terus. Sebuah doa yang sangat tulus,” jelasnya.

BACA JUGA: Warga Lokal dan Masyarakat Adat Harus Dilibatkan dalam Pembangunan IKN

blank
Istri Hamka Haq menerima salam duka dari Ganjar, yang datang melayat ke rumah almarhum. Foto: tmgp

Semasa hidup, lanjut Ganjar, Hamka dikenal sebagai sosok yang loyal dan pekerja keras. Kecerdasan dan sifat welas asihnya, selalu menjadi panutannya.

”Maka saya tadi pesan pada putera-puteri beliau, untuk terus menyebarkan ajaran baik Prof Hamka. Beliau orang yang sangat luar biasa. Saya berdoa untuk beliau,” pungkasnya.

Kedekatan Prof Hamka dengan Ganjar dibenarkan salah satu putera almarhum. Dia mengatakan, saat ulang tahun Hamka Haq pada 18 Oktober lalu, merupakan momen yang sangat menggembirakan bagi ayahnya.

BACA JUGA: Uji Publik dengan KIP Jawa Tengah, Bupati: Perangkat Daerah di Blora Wajib Miliki Media Sosial Resmi

Bahkan, ayahnya menyebut jika itu adalah ulang tahun terbaiknya, karena bersamaan dengan diumumkannya Mahfud MD sebagai calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo.

”Bapak bilang, itu ulang tahun terbaiknya. Sebab pada tanggal itu, diumumkan jika Prof Mahfud MD yang mendampingi Pak Ganjar. Beliau bahagia sekali waktu itu,” ucap putera Hamka.

Sekadar diketahui, Ketua Bidang Keagamaan dan Kepercayaan pada Tuhan Yang Maha Esa DPP PDIP, Prof Dr Hamka Haq, meninggal dunia di RS Siloam, Jakarta, Kamis (7/12/2023). Hamka akan dimakamkan di Makassar, Sulawesi Utara, yang merupakan tanah kelahirannya.

Riyan