blank
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno saat membuka Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) III Apeksi di Hotel Swissbell Surakarta, Kamis, 7 Desember 2023. (Dok: Pemprov Jateng)

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendorong Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) mampu mengatasi persoalan perkotaan.

“Banyaknya orang bermigrasi (berpindah) ke kota, berdampak pada masalah di perkotaan, mulai  masalah permukiman, lingkungan, pencemaran air dan udara, serta sampah,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno saat membuka Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) III Apeksi di Hotel Swissbell Surakarta, Kamis, 7 Desember 2023.

Ia berharap, Muskomwil itu mampu melahirkan kebijakan-kebijakan untuk kemajuan organisasi dan pemerintah kota, sehingga berbagai persoalan di perkotaan ditemukan solusinya.

Menurut Sumarno, para wali kota harus dapat berfikir keras mencari solusi untuk menangani persoalan sampah di perkotaan. Sebab, masalah sampah berdampak terhadap lingkungan, kesehatan, dan sektor lainnya.

Selain itu, masalah pemukiman warga juga menjadi tantangan tersendiri. Sebab, perpindahan warga dari desa ke kota dengan area  yang relatif lebih sempit juga menjadi tantangan.

Persoalan yang kerap muncul akibat padatnya penduduk itu meliputi drainase, penyediaan sumber air bersih, transportasi yang ramah lingkungan, dan sebagainya.

Sumarno menambahkan, hal lain yang tak kalah penting adalah upaya bersama memajukan ekonomi masyarakat. Selain itu, meningkatkan pendapatan asli daerah melalui berbagai potensi yang ada di kota masing-masing.

Menurut dia, semua potensi yang ada harus dioptimalkan atau minimal dikejar agar masuk menjadi pendapatan asli daerah.

“Mudah-mudahan Muskomwil ini bisa menghasilkan keputusan-keputusan yang dapat membawa kemajuan pemerintah kota,” imbuh dia.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Surakarta, Teguh Prakosa mengatakan, Muskomwil III Apeksi sebagai sarana untuk saling bertukar pengalaman dan gagasan, guna memperkuat sinergi diantara para anggota Apeksi.

Selain itu, sekaligus menjadi landasan yang kokoh untuk membangun kerja sama, sehingga menghasilkan dampak yang positif bagi pemerintah kota di seluruh Indonesia.

Teguh mengajak semua anggota Apeksi III untuk bersama-sama membina solidaritas dan saling menginspirasi perubahan positif di setiap kota.

Miskomwil III Apeksi diharapkan dapat menghasilkan gagasan terbaik demi kemajuan masing-masing kota, khususnya Komisariat Wilayah III.

Diaz Aza