Sekretaris Daerah Jateng, Sumarno di sela acara Duta Seni Award Jateng 2023 di Wisma Perdamaian, Kota Semarang, Kamis, 7 Desember 2023. (DOK: Pemprov Jateng)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pemerintah Provinsi Jateng mementaskan duta seni kabupaten/kota daerah setempat ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Kota Tua Jakarta. Hal ini guna untuk mempromosikan kesenian dan pariwisata Jawa Tengah

“Ini salah satu upaya kita untuk mengenalkan seni budaya yang ada di masing-masing kabupaten/kota kepada masyarakat luas,” ujar Sekretaris Daerah Jateng, Sumarno di sela acara Duta Seni Award Jateng 2023 di Wisma Perdamaian, Kota Semarang, Kamis, 7 Desember 2023.

Selain sebagai ajang promosi, pementasan beragam kesenian itu juga sebagai sarana melestarikan dan mengembangkan pariwisata berbasis seni dan budaya.

Sejumlah kesenian yang ditampilkan meliputi tari tradisional, kethoprak, wayang, kreasi seni klasik dan kontemporer, dan sebagainya.

“Harapan kami masyarakat yang berkunjung di TMII bisa menyaksikan, mengenal, dan mencintai seni budaya daerah yang ditampilkan. Setelah melihat pertunjukan seni budaya itu, mereka bisa tertarik untuk berkunjung ke Jawa Tengah,” katanya.

Sumarno berharap, Duta Seni dari berbagai kabupaten/kota di Jateng berkomitmen melestarikan seni budaya daerah. Para kreator dan pelaku seni juga diharapkan  terus menggeluti dunia seni budaya, sehingga tercipta karya seni yang menarik dan edukatif.

“Seni budaya menjadi bagian dari ekonomi kreatif. Kami sangat berharap Duta Seni Jateng ini menjadi bagian dari pengembangan ekonomi kreatif di Jateng,” harapnya

Selain di TMII, menurut Suamrno pementasan seni dan budaya Jawa Tengah dapat digelar di beberapa ruas jalan protokol di Jakarta saat kegiatan car free day, Kawasan Kota Lama Jakarta, dan lokasi strategis lainnya.

Dengan begitu, masyarakat dari penjuru nusantara dan mancanegara dapat menikmati berbagai pertunjukan khas Jateng.

Sementara itu, Kepala Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah, Sarido menjelaskan, tujuan penyelenggaraan Pentas Duta Seni 2023 ini, untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap seni budaya di daerah.

Selain itu, sekaligus memberi ruang apresiasi, ekspresi, dan aktualisasi bagi pelaku seni budaya.

Kegiatan Pentas Duta Seni yang berlangsung Maret-Desember 2023 Jakarta ini, diikuti sebanyak 26 kabupaten/ kota di Jateng. Dengan rincian sebanyak 21 kabupaten/kota pentas di Anjungan Jateng TMII Jakarta, satu kabupaten di Kota Tua, sedangkan 4 kabupaten/kota pentas secara virtual.

Adapun Duta Seni Kabupaten/Kota se-Jateng 2023 dengan penyajian terbaik pentas seni, yaitu dari Kabupaten Wonosobo yang menyajikan sendra tari “Ruwat Rambut Gimbal”, Kabupaten Purworejo melalui pertunjukan kolaborasi “Dolalak dan Tari Wungu,” serta Kabupaten Sukoharjo melalui pementasan “Karawitan Cokek Dangdut dan Tari Babargangsa”.

Diaz Aza