blank
ilustrasi: Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Hewan laut yang masih kerabat dengan cumi-cumi serta sotong tersebut memang cukup lumrah di konsumsi di Asia, terutama di negara kepulauan seperti di Indonesia.

Gurita merupakan hewan Cephalopoda yang cukup lumrah dipancing oleh para nelayan selain cumi-cumi atau ikan sotong. Daging gurita memiliki rasa manis gurih yang sangat khas dengan tekstur yang kenyal tapi padat.

Gurita kaya akan vitamin B12, yang penting untuk produksi sel darah merah, fungsi saraf yang sehat, dan metabolisme energi. Vitamin B12 umumnya ditemukan dalam makanan hewani, dan gurita merupakan salah satu sumber yang baik. Gurita mengandung kolagen, yang merupakan protein struktural utama dalam tubuh.

Baca Juga: Cocok Diminum Saat Musim Hujan, Ini Manfaat Wedang Uwuh Bagi Kesehatan

Gurita juga mengandung senyawa antioksidan, seperti vitamin E, yang berperan dalam melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada sel dan berkontribusi pada penuaan dini serta penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

Selain memiliki citarasa yang cukup nikmat, ternyata daging gurita juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan apabila dikonsumsi. Dilansir dari Suara.com, berikut merupakan 3 manfaat mengonsumsi daging gurita bagi kesehatan.

1. Merangsang Kinerja Otak

Daging gurita dipercaya sebagai salah satu sumber pangan yang dapat merangsang kinerja sel otak agar lebih maksimal, khususnya kepada anak-anak.

Baca Juga: Dapat Mencegah Anemia, Tiga Manfaat Mengonsumsi Terong Belanda

Melansir dari artikel dalam jurnal “University of Adelaide Press”, daging gurita mengandung kandungan mineral magnesium, omega 3 dan zat besi yang mampu menjaga dan meningkatkan kinerja sel otak pada anak-anak. Magnesium sendiri merupakan senyawa yang mampu meningkatkan daya memori, kesehatan sel otak dan membantu proses belajar pada anak.

Melansir dari sumber yang sama, daging gurita juga diyakini mampu mencegah penyakit yang berhubungan dengan kinerja sel otak. Salah satunya merupakan obat pencegahan terhadpa penyakit Alzheimer dan pereda stress. Selain itu, kandungan omega 3 juga dapat membantu meningkatkan stamina.

2. Membantu Mencegah Anemia

Salah satu manfaat mengonsumsi daging gurita adalah mampu mencegah penyakit anemia. Melansir dari artikel berjudul “Marine Omega-3 (N-3) Fatty Acids for Cardiovascular Health: An Update for 2020”, daging cephalopoda seperti gurita mampu merangsang produktivitas sel-sel darah merah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin B12 dalam gurita terbilang cukup tinggi dibandingkan sumber pangan laut lainnya.

Baca Juga: Selain Dijadikan Tanaman Hias, Tiga Manfaat Bunga Teratai untuk Kecantikan

Selain itu, kandungan DHA dan EPA yang terdapat dalam daging gurita juga mampu menjaga kesehatan aliran darah serta jantung. Hal ini karena senyawa tersebut mampu mengontrol jumlah produksi trombosit dan menjaga sistem peredaran darah dari dan menuju jantung.

3. Sumber Antikosidan Alami

Daging gurita juga merupakan sumber pangan yang dapat berperan sebagai antioksidan alami. Melansir dari laman halodoc.com, daging gurita kaya akan beragam mineral seperti magnesium, kalium dan potassium. Selain itu, kandungan vitamin seperti vitamin B12, vitamin E, vitamin B3 yang dimiliki daging gurita juga mampu menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit.

Nah, itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi daging gurita bagi tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia