blank
Ilustrasi wedang. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Wedang uwuh merupakan minuman tradisional khas Yogyakarta, atau lebih tepatnya dari Imogiri. Dahulu, minuman ini sering dihidangkan untuk para tamu bangsawan atau raja-raja dari daerah lain. Saat ini, wedang uwuh tetap eksis karena memiliki nilai budaya dan khasiat yang baik bagi tubuh.

Wedang uwuh bukanlah minuman yang hanya dibuat dari satu jenis bahan saja, melainkan terdiri dari berbagai jenis rempah pilihan, seperti kayu manis kering, cengkih, jahe, gula batu, serutan kayu secang kering, serai, kapulaga, dan pala kering.

Kombinasi dari beragam jenis rempah tersebut menjadikan wedang uwuh kaya akan senyawa fitokimia alami, seperti gingerol, shogaol, sitral, zingiberene, eugenol, geraniol, limonene, citronellol, brazilin, hingga saponin.

Dilansir dari suara.com lantas, seperti apa manfaat yang ditawarkan wedang uwuh bagi kesehatan? Simak pembahasan berikut!

1. Menghangatkan Tubuh

Beberapa bahan utama dalam wedang uwuh seperti jahe dengan kandungan gingerol, cengkeh dengan eugenol, dan sitral dari rempah sereh dinilai ampuh untuk memberikan kehangatan bagi tubuh.

Sebab, berbagai senyawa fitokimia tersebut akan berinteraksi dengan reseptor panas di mulut dan tenggorokan sehingga menimbulkan sensasi hangat atau sedikit pedas. Oleh karena itu, minuman ini sangat cocok dikonsumsi ketika cuaca sedang dingin.

2. Mengatasi Masuk Angin

Selain menghangatkan tubuh, wedang uwuh juga dapat mengatasi masuk angin. Pasalnya, beragam rempah yang digunakan pada wedang uwuh memiliki efek antiradang, melancarkan saluran pernafasan, hingga meningkatkan sistem imunitas tubuh.

3. Meredakan Pegal Linu

Wedang uwuh berkhasiat untuk meredakan pegal linu karena kandungan gingerol pada jahe memiliki sifat penghilang rasa sakit. Disamping itu, citronellol dan geraniol pada serai bisa mengurangi ketegangan dan kekakuan pada otot setelah melakukan aktivitas yang berat.

Wedang uwuh juga mengandung cengkih yang mengandung senyawa eugenol yang memiliki peranan penting dalam mengurangi rasa sakit pada area yang terasa pegal.

4. Mengurangi Kolesterol

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kolesterol, maka wedang uwuh bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasinya. Berdasarkan penelitian dari jurnal Current Pharmaceutical Design menyebutkan bahwa konsumsi minuman jahe secara rutin dapat mengurangi trigliserida dan kolesterol LDL.

Sebab, jahe mengandung senyawa antioksidan, seperti gingerol dan zingiberene, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

5. Mengatasi Radang Tenggorokan

Rempah-rempah dalam wedang uwuh memiliki kandungan antibakteri, antivirus, antiradang, antiseptik, dan penghilang nyeri. Itu berarti, wedang uwuh dapat dijadikan sebagai obat herbal dalam mengatasi peradangan, terutama radang tenggorokan.