blank
Ratusan karyawan berebut untuk bisa berfoto bersama dengan Ganjar, saat melakukan kunjungan ke PT Unipres. Foto: tmgp

PURWAKARTA (SUARABARU.ID)- Kedatangan Calon Presiden (Capres) RI 2024, Ganjar Pranowo, di PT Unipres yang ada di Kawasan Industri Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (17/11/2023), membuat heboh sejumlah karyawan pabrik itu. Mereka langsung berebut menyalami Ganjar, dan meminta foto bersama.

Tak hanya jajaran karyawan, para bos dan jajaran direksi perusahaan pembuat bahan baku body mobil itu, juga tak kalah gegap gempita. Mereka begitu antusias menyambut kedatangan mantan Gubernur Jawa Tegah dua periode itu.

”Kami sangat senang dan bangga, perusahaan kami dikunjungi Pak Ganjar. Karyawan juga langsung heboh, mendengar akan ada kunjungan, karena Pak Ganjar memang sangat populer,” ucap Presiden Direktur PT Unipres, Irizuki Shinji, menyambut kedatangan Ganjar.

BACA JUGA: Kenaikan UMK Brebes Penghargaan bagi Buruh

Ditambahkan dia, biasanya pabrik berproduksi selama seharian full. Ratusan karyawan bekerja dari pagi sampai sore. Namun karena kedatangan Ganjar, Irizuki sengaja menghentikan proses produksi selama setengah hari, dan memberikan waktu pada karyawannya untuk menyambut Ganjar.

”Demi menyambut Pak Ganjar, kami produksi hari ini hanya setengah hari. Karena kami semua sangat senang, dan kami ingin memberikan yang terbaik buat Pak Ganjar,” ucapnya sambil tersenyum.

Ganjar pun sangat mengapresiasi atas sambutan dari jajaran karyawan dan direksi PT Unipres itu. Dia mengucapkan terima kasih, atas sambutan luar biasa itu.

BACA JUGA: Dua Dosen Unissula Raih Gelar Profesor

”Sebenarnya tidak perlu diliburkan setengah hari, saya hanya mau mampir menengok dan bersilaturahmi. Saya khawatir mengganggu produksi,” ucap Ganjar.

”Tidak sama sekali pak, ini karena kami sangat senang dan bangga dikunjungi Pak Ganjar,” ungkap Irizuki lagi.

Ganjar kemudian diajak berkeliling perusahaan untuk melihat proses produksi. Sambil berjalan, keduanya ngobrol serius terkait banyak hal, termasuk tentang investasi. Ganjar juga diajak bertemu ratusan karyawan yang sudah tak sabar menanti kehadirannya sejak pagi.

BACA JUGA: FMIPA UNS dan BPS Kota Surakarta Jalin Kerja Sama

Benar saja, ketika Ganjar masuk ke ruang produksi, para karyawan langsung antusias. Mereka minta berfoto dan bersalaman secara langsung.

”Kami tentu senang sekali. Nggak nyangka Pak Ganjar mau datang menengok kami di perusahaan ini. Kami berharap, Indonesia akan lebih baik di bawah kepemimpinan Ganjar-Mahfud,” tutur Susanti, salah satu karyawan.

Ganjar sendiri merasa senang, bisa berkunjung ke salah satu perusahaan terbesar di kawasan industri Purwakarta itu. Dan yang membuat Ganjar bangga adalah, perusahaan pembuat body mobil yang telah menyuplai banyak merek itu, mempekerjakan tenaga kerja mayoritas dari Indonesia.

BACA JUGA: Pangdam IV/Diponegoro Pimpin Serah Terima Jabatan Pejabat Kodam IV/Diponegoro 

”Ini keren, dengan teknologi yang sangat tinggi dari Jepang, pakai teknologi robot dan tenaga kerjanya sebagian besar adalah tenaga kerja Indonesia. Ekspatriatnya hanya ada empat. Ini bisa jadi contoh, bagaimana transfer pengetahuan dilakukan,” jelasnya.

Dengan begitu, maka tenaga kerja di Indonesia bisa belajar teknologi dari perusahaan itu, dan ke depan diharapkan bisa mengembangkannya dengan lebih baik lagi.

”Para pekerja kita bisa meniru, tidak hanya teknologinya, tapi juga budaya kerjanya, kecanggihannya, kinerjanya dan lainnya. Kalau ini bisa terus dilakukan, maka kita akan cepat menjadi negara maju,” pungkasnya.

Riyan