blank
Event LPP yang digelar di lapangan bola basket SMAN 1 Kertek Wonosobo. Foto : SB/dok Humas Perbasi

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Wonosobo menggelar pertandingan liga bola basket tingkat pelajar seri ke-2, Sabtu (18/11/2023), di lapangan bola basket di SMA Negeri 1 Kertek Wonosobo.

Koordiantor Lapangan Liga Pelajar Perbasi (LPP) Pengkab Wonosobo Aryanto Swasono mengatakan event liga bola basket pelajar ini digelar untuk meningkatkan prestasi pelajar di cabang olah raga bola basket guna mempersiapkan pekan olahraga pelajar (Popda) Provinsi Jawa Tengah nanti.

“Di samping itu, event LPP tersebut juga bertujuan untuk memasyarakatkan bola basket di seluruh daerah di Wonosobo. Apalagi saat ini terkesan bola basket merupakan cabang olahraga eksklusif yang hanya dimainkan oleh pelajar di perkotaan,” tegas pria yang juga menjabat Ketua Bidang Event Pengkab Perbasi Wonosobo itu.

Menurut Aryanto event LPP ini diikuti oleh 15 tim yang terdiri dari 7 tim SMA dan 8 tim SMP. Mereka terdiri dari 7 klub bola basket putra SMA, 7 klub bola basket putri SMA dan 8 klub bola basket putra SMP dan 5 klub bola basket putri SMP.

“Event LPP ini merupakan salah satu program Pengkab Perbasi Wonosobo yang memiliki beberapa missi utama untuk mempersiapkan atlet bola basket untuk siap bertarung di ajang Popda Provinsi Jawa Tengah dalam waktu dekat,” imbuhnya.

Disamping itu, ujar dia, juga sebagai ajang edukasi cabang olah raga basket di kalangan pelajar dan edukasi event penyelenggaraan LPP. Ditargetkansetiap sekolah mampu menjadi tuan rumah event pertandingan bola basket dengan segala kesiapan sarana dan prasarana yang ada.

Sistem Point

blank
Event LPP digelar guna mencari atlet bola basket yang akan dipersiapkan di ajang Popda Jateng. Foto : SB/dok Humas Perbasi

“LPP ini menggandeng beberapa elemen terkait seperti OSIS, PMR, guru pembina ekstra bola basket dan guru PJOK tiap sekolah. LPP di SMAN 1 Kertek ini ada 6 pertandingan yakni SMPN 2 Wonosobo, SMPN 1 Kalikajar, SMPN 2 Selomerto, SMAN 2 Wonosobo, SMAN 1 Wonosobo dan SMAN 1 Kertek,” jelasnya.

Dikatakan, pertandingan di event LPP ini menggunakan sistem point. Penentuan pemenang dinilai dengan model point, yakni bagi klub basket yang menang dapat point 3. Sedang yang kalah dapat point 1, ditambah dengan selisih point dalam setiap permainan.

Aryanto menambahkan event LPP ini secara keseluruhan akan terdapat 68 pertandingan. Semua klub akan bertemu di seri-seri pertandingan yang diselenggarakan. Tuan rumah LPP ini dilakukan secara bergilir dari setiap sekolah yang tergabung dalam klub bola basket.

“Di akhir seri dari 68 kali pertandingan akan diambil 4 klub terbaik SMA putra, 4 klub SMA putri. Selain itu, juga diambil 4 klub terbaik SMP putra dan 4 terbaik SMP putri untuk masuk dalam event 4 besar pertandingan bola basket LPP Wonosobo tahun ini,” paparnya.

Kepala SMAN 1 Kertek Retno Herwanti mengapresiasi penyelenggaraan LPP di sekolahnya. Dia berharap event kali ini bisa menghasilkan dan melahirkan talenta-talenta terbaik atlet bola basket pelajar di Wonosobo. Lapangan bola basket yang ada di sekolah ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Kami minta setiap klub dan pemain bisa menjaga sportivitas dan kekompakan. Guna meraih prestasi yang tinggi dibutuhkan latihan yang intensif dan pengalaman dalam mengikuti event bola basket. Semakin tinggi intensitas latihan dan jam terbang pertandingan bisa membuat prestasi mendekat,” cetusnya.

Muharno Zarka