blank
DKD dan Disarpus Kebumen menggelar nobar film lokal di Ruang Theater, Jumat 17/11.(Foto:SB/DKD Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kebumen melalui Divisi Sinematografi bersama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Kebumen menyelenggarakan Apresiasi Film Lokal.

Acara pada Jumat (17/11) berlangsung di Ruang Teater Disarpus Kebumen, berbentuk Nonton Bareng (Nobar) Film Lokal.

Pada kesempatan tersebut memutar beberapa film lokal. Yang menarik, pada puncak acara diisi  pemutaran perdana film Botoh, produksi Syams Productions 2023, skenario Henny Surya sutradara Yorris Rumsayor.

Ketua Panitia BY Handoko selaku koordinator Divisi Sinematografi DKD Kebumen menyampaikan, tujuan DKD Kebumen menggelar kegiatan tersebut guna menguatkan eksistensi film-film lokal yang diproduksi oleh putra-putra daerah Kebumen.

Menurut Handoko, DKD juga ingin menunjukkan kepada pemerintah dan masyarakat Kebumen  potensi para pekerja seni perfilman di Kebumen. Bahkan beberapa di antara mereka ada yang sudah terlibat dalam produksi-produksi film atau sinetron yang ditanyangkan di televisi nasional.

Seperti Heny Surya merupakan penulis skenario sinetron Amanah Wali 6. Kemudian Ucik Supra adalah sutradara senior yang menyutradarai sinetron Tukang Bubur Naik Haji the Series, juga film Rumah Kardus 1993, Rebo & Robi tahun1991 dan lainnya.

Turut hadir diacara nonton bareng tersebut Kepala Disarpus Kebumen Sigit Dwi Purnomo APi MSi, Ketua Umum DKD Kebumen Pekik Satsiswo Nirmolo, Sutradara Ucik Supra, Penulis Skenario Henny Surya, beberapa artis pemeran film Botoh, ada Wiji Setiani, John Silombo, juga beberapa seniman dan budayawan.

Lahirkan Film Berkualitas

Kepala Disarpus Kebumen Sigit Dwi Purnomo mengapresiasi kegiatan itu dan berharap dengan adanya pekerja-pekerja film yang handal tersebut nanti di Kebumen akan muncul film-film yang berkualitas. Bahkan tidak hanya di tingkat nasional saja, namun sampai Internasional.

Sigit pun memuji film Botoh, yang menurutnya memberikan pencerahan pada penonton tentang bagaimana berdemokrasi yang sesuai undang-undang.

Pada kesempatan diskusi diakhir pemutaran film Botoh, Henny Surya memberi kesempatan pada masyarakat Kebumen yang ingin belajar tentang film. Pihaknya mempersilahkan bergabung dengan Syams Productions,  beralamat di Dukuh Bojong, Kelurahan Panjer, Kecamatan Kebumen.

Sedangkan Pekik Satsiswo selaku Ketua Umum DKD Kebumen, berharap kegiatan apresiasi film lokal akan menjadi pemantik bagi para pekerja seni film di Kebumen untuk semakin semangat memproduksi film-film yang berkualitas.

Ketua panitia BY Handoko menambah informasi, beberapa karya film lokal Kebumen bisa diakses melalui chanel youtube syams productions dan Sekolah Rakyat MeluBae.

Komper Wardopo