blank
Snorkeling di Pantai Pasir Perawan, Pulau Dolphin, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu. (Dok)

Melihat Kawasan Mangrove dan Snorkeling di Pantai Pasir Perawan, Pulau Dolphin

MAGELANG (SUARABARU.ID) –
Kepulauan Seribu adalah sebuah kabupaten administratif di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Wilayahnya meliputi gugusan kepulauan di Teluk Jakarta.

Selama tiga hari mulai 12 November 2023 sejumlah wartawan media cetak, elektronik maupun media online yang bertugas di Kota Magelang bersama Wali Kota Muchamad Nur Aziz, Wakil Wali Kota M Mansyur dan pejabat lainnya, mengunjungi Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu.

Sebelum menjadi kabupaten, wilayah Kepulauan Seribu merupakan salah satu kecamatan di Kota Administrasi Jakarta Utara.

Pusat pemerintahan kabupaten ini berlokasi di Pulau Pramuka, yang difungsikan sebagai pusat pemerintahan kabupaten sejak tahun 2003.

Terdapat dua Kecamatan di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Yakni Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.
Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan membawahi tiga kelurahan. Yaitu Kelurahan Pulau Tidung, Kelurahan Pulau Pari, dan Kelurahan Pulau Untung Jawa.

Kecamatan Kepulauan Seribu Utara juga membawahi tiga kelurahan. Yaitu Kelurahan Pulau Kelapa, Kelurahan Pulau Harapan, dan Kelurahan Pulau Panggang.

Jumlah poenduduk Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu sebanyak 29.230 jiwa. Mereka tersebar di 11 pulau-pulau kecil berpenghuni. Kesebelas pulau tersebut di antaranya Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Lancang Besar, Pulau Tidung Besar, Pulau Tidung Kecil, Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua dan Pulau Sebira.

blank
Melihat hutan mangrove di Pulau Dolphin, Kepulauan Seribu. (Dok)

Selain pulau-pulau berpenghuni, terdapat pula beberapa pulau yang dijadikan sebagai pulau wisata. Antara lain Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Kotok Besar, Pulau Puteri, Pulau Matahari, Pulau Sepa dan sebagainya.

Di wilayah kabupaten ini terdapat pula sebuah zona konservasi berupa taman nasional laut, bernama Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKS). Sebagai daerah yang sebagian besar wilayahnya merupakan perairan dan di dalamnya juga terdapat zona konservasi, maka tidaklah mengherankan bila pengembangan wilayah kabupaten ini lebih ditekankan pada pengembangan budidaya laut dan pariwisata.

Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan (Asminekbang) Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, Iwan Samosir mengatakan, dua sektor tersebut diharapkan menjadi prime-mover pembangunan masyarakat dan wilayah kabupaten administratif itu.

Pengelolaan Kepulauan Seribu yang terdiri atas 110 pulau dalam segala aspek. Antara lain kelestarian lingkungan, konservasi sumber daya alam, ekonomi, kesejahteraan rakyat dan sosial budaya.

Tidak semua pulau ada penghuninya. Gugusan Kepulauan Seribu memiliki potensi yang tidak kecil untuk pengembangan berbagai macam industri. Antara lain pertambangan, perikanan serta yang paling utama ialah pariwisata.

Doddy Ardjono