blank
Rumini (kiri), menyerahkan berkas pendaftaran yang diterima Sekretaris Tim Penjaringan, Atang Tridjoko, dan anggota Paryanto. Foto: Rumini

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Satu kandidat calon Ketua Umum Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jawa Tengah Periode 2023-2027, pada Musyawarah Provinsi (Musprov) 27 Desember mendatang, Rumini, menyerahkan berkas pendaftaran ke Tim Penjaringan dan Penyaringan Bakal Calon Ketua, di Kantor KONI Jateng, Selasa (14/11/2023).

Kedatangan Rumini itu, diterima Sekretaris Tim Penjaringan, Atang Tridjoko dan anggota Paryanto. Dijadwalkan, pelaksanaan Musprov PASI Jateng akan digelar pada 27 Desember di Semarang

Berkas yang disampaikan Rumini, oleh Atang dinyatakan lengkap. Di antaranya fotokopi SK kepengurusan pengprov, KTP yang menyatakan berdomisili di ibukota provinsi, dukungan tertulis minimal 11 surat dukungan tertulis yang diteken ketua/ketua harian pengkab/pengkab PASI, penyampaian visi-misi, serta menyerahkan curriculum vitae.

BACA JUGA: Lapas Semarang Gagalkan Upaya Penyelundupan Obat Terlarang, Ratusan Pil Koplo Diamankan

Meskipun persyaratan hanya mewajibkan 11 surat dukungan, namun Rumini membawa 33 surat dukungan, sehingga pada Musprov nanti, dia bakal menjadi calon tunggal, untuk dipilih secara aklamasi.

Bagi dosen FIK Unnes itu, ini untuk pertama kalinya dia mengajukan diri sebagai calon Ketua Umum PASI. Sebelumnya, dia memimpin PASI di pertengahan periode kepengurusan, karena ketua lama, Supi’i, meninggal dunia.

Ditemui usai menyerahkan berkas pendaftaran, Rumini menyatakan kesiapannya untuk memajukan prestasi atletik Jateng, minimal bisa mempertahankan tiga medali emas pada PON 2024 di Aceh-Sumut.

BACA JUGA: LKS, Pengurus OSIS SMPN 3 Welahan Diberi Bekal Dasar Jurnalistik

”Saya siap menyiapkan waktu untuk menangani atletik, agar lebih berkembang dan memiliki regenerasi. Kita tak punya stok untuk pelari-pelari jarak jauh, setelah Pak Alwi Mugiyanto dan Pak Yon Daryono tiada. Selain pembinaan di nomor-nomor langka, contohnya lompat galah, juga akan saya perhatikan,” kata mantan atlet sapta lomba, yang pernah meraih rekor SEA Games itu.

Jika terpilih nanti, Rumini siap mempertajam program sebelumnya, seperti penataran pelatih, wasit, kejuaraan-kejuaraan yang bersifat terbuka.

Sementara itu, Atang Tridjoko menyebutkan, Rumini adalah bacalon pertama yang mengisi dan mengembalikan formulir pendaftaran. Dia pun membenarkan, jika Rumini membawa berkas 33 surat dukungan, dari 35 pengurus PASI kabupaten/kota.

BACA JUGA: Seorang Kakek di Grobogan Tertemper KA Ambarawa Ekspress Saat Merumput di Dekat Rel Kereta Api

”Kalau merujuk persyaratan minimal 11, tapi ini malah bawa 33 surat dukungan, berarti berpotensi hanya ada satu bakal calon saja,” imbuhnya.

Dia menambahkan, sebelum Musprov, PASI Jateng telah membentuk tim penjaringan dan penyaringan, untuk menjaring bakal calon ketua umum, dengan beranggotakan Hery Sutiyono (ketua), Ratih Damayanti SH MH (wakil ketua), Atang Tridjoko (sekretaris), Budi Utomo, dan Paryanto (anggota).

Tim ini menerima formulir pemdaftaran, melakukan verifikasi persyaratan administrasi dan mengumumkan bakal calon pada Kamis (30/11/2023) mendatang.

Riyan