blank
Ketua PW IPHI Jateng bersama para Ketua PD Kabupaten/Kota se-Jateng, membacakan ikrar Deklarasi Pemilu Damai, di Gedung Gradhika Bhakti Pradja, Kompleks Gubernuran, Jalan Pahlawan, Semarang, Minggu (12/11/2023). Foto: iphi

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pejabat Gubernur Jawa Tengah, H Nana Sudjana melalui Sekda Sumarno mengatakan, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), sebagai organisasi yang berkiprah di bidang sosial kemasyarakatan, diharapkan mampu menjadi penggerak bagi masyarakat, supaya menjadi pemilih cerdas dan tidak mudah terprovokasi, dalam perhelatan Pemilu 2024 mendatang.

Hal itu seperti yang disampaikannya, saat membuka Rakerwil Pengurus Wilayah IPHI Jateng, yang digelar di Gedung Gradhika Bhakti Pradja, Kompleks Gubernuran, Jalan Pahlawan, Semarang, Minggu (12/11/2023).

Menurut dia, dengan kerja sama yang terjalin baik, niscaya akan terwujud pemilu yang damai. IPHI pun bisa ikut berpartisipasi dalam pembangunan di Jateng, termasuk penerapan nilai-nilai keagamaannya.

BACA JUGA: Kirab Merah Putih Gerak Jalan Antar Sekolah Akan Rutin Menjadi Agenda Tahunan

”Kami berharap, IPHI bisa berkontribusi dalam penanganan kemiskinan, pengangguran, masalah anak putus sekolah, dan sebagainya. Organisasi ini juga banyak yang menyelenggarakan pendidikan, sehingga bisa mengurangi anak putus sekolah di Jateng,” kata Nana.

Sementara itu, Ketua PW IPHI Jateng, Prof Dr KH Imam Taufiq MAg, bersama para Ketua Pengurus Daerah (PD) Kabupaten/Kota se-Jateng, berkomitmen mewujudkan Pemilu 2024 dengan damai dan bermartabat. Hal itu tertuang dalam ‘Catur Satya Deklarasi Pemilu Damai’, yang dibacakan saat Rakerwil.

”IPHI adalah lembaga yang beranggotan umat Islam yang sudah haji, dan berorientasi pada kemaslahatan dan kedamaian. Pemilu adalah pesta demokrasi, dan jangan sampai menyebabkan perpepacahan umat. IPHI ingin Pemilu 2024 berjalan damai, nyaman dan bermartabat,” kata Imam.

BACA JUGA: Si Denok, Bus Merah Cantik Mengajak keliling Semarang Gratis

Dalam Rakerwil bertema ‘Dengan Haji Mabrur Sepanjang Hayat, Kita Laksanakan Pemilu Damai Yang Bermartabat’ ini, dihadiri Pj Gubernur Jateng yang diwakili Sekda Sumarno, Ketua Umum PP IPHI Dr Ir H Erman Suparno MBA MSI, Ketua Komisi E DPRD Jateng Abdul Hamid, serta Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Jateng H Fitriyanto SAg MPd.

Menurut Prof Imam Taufiq, dinamika politik yang terjadi di masyarakat, membutuhkan komitmen dan tanggung jawab seluruh pengurus IPHI. Karena IPHI sebagai organisasi sosial kemasyarakatan, harus independen, tidak memihak, dan tak berpoliik praktis.

”Pengurus dan anggota IPHI adalah tokoh agama dan tokoh masyarakat di daerahnya masing-masing. Mari kita bersama-sama berikhtiar mewujudkan Pemilu 2024 dengan Bermartabat,” imbuhnya.

BACA JUGA: Wahhhhhhh ……. Gogrog

Pada kesempatan yang sama, Dr H Erman Suparno menyematkan Pin IPHI, kepada Sekda Jateng Sumarno, dan Ketua PW IPHI Jateng Prof Dr Imam Taufiq.

Pada pelaksanaan Rakerwil IPHI ini, juga dilakukan saresahan dengan tema ‘Arah Kebijakan Istitha’ah Kementerian Agama Dalam Pelaksanaa Ibadah Haji 2024’. Dalam sarasehan ini, PW IPHI Jateng merekomendasikan lima poin.

Salah satunya, mendukung pemerintah pada penyelenggaraan ibadah haji dan umrah yang berkualitas dan profesional, serta mengusulkan adaya amandemen Undang-Undang Penyelenggaraan Haji No 08 Tahun 2019, Tentang Penyelenggaraan Haji dan Umroh.

Riyan