blank
Cantiknya Bus 'Si Denok' CIMB Niaga, Gratis Antar Masyarakat Semarang Keliling Wisata di Kota Lumpia. Foto: Diaz Azminatul Abidin

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Seorang ayah temani anak laki-laki duduk di bagian depan lantai dua bus tingkat Double Decker ‘Si Denok’ CIMB Niaga di Museum Ranggawarsita Semarang beberapa waktu lalu, mereka akan berkeliling mengunjungi ikon-wisata di Kota Lumpia itu secara gratis.

Lima tahun sudah Bus ‘Si Denok’ setia mengantar masyarakat Semarang dan sekitarnya khususnya untuk berkeliling mengunjungi ikon-ikon wisata di Kota Lumpia secara gratis, hanya mendaftar dengan tanda pengenal seperti KTP.

Bus ‘Si Denok’ bergambar maskot Gurita itu lahir dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Bank CIMB Niaga dan diserahkan ke Pemerintah Kota Semarang pada September 2018 untuk dikelola.

Bus tingkat Double Decker seharga Rp 4,3 Miliar itu bermerk MAS asal Jerman dengan karoseri PT. Gemilang Nusantara. Fasilitas bus ini ada 53 kursi, alat pemadam kebakaran, CCTV, hingga fasilitas untuk teman-teman berkebutuhan khusus.

Bus ‘Si Denok’ melengkapi keberadaan ‘Si Kenang’ milik Pemkot Semarang yang sudah ada, kemudian saat ini juga terdapat Si Kuncung.

Bus Wisata ini beroperasi setiap hari dengan jam operasional pukul 08.00, 11.00, 15.00 WIB, dan untuk Sabtu-Minggu ditambah pukul 18.00 WIB.

Rute yang dilalui mulai Museum Ranggawarsita menuju Kota Lama,Tugu Muda, pusat oleh-oleh di Jalan Pandanaran, berkeliling ke Simpang Lima. Kemudian balik  ke Jalan Pandanaran menuju Kampung Pelangi untuk berhenti sebentar 10 menit, dan menuju ke Kelenteng Sam Poo Kong kemudian kembali lagi ke Museum Ranggawarsita.

Diaz Aza