blank
Ilustrasi. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kulit mengelupas atau deskuamasi merupakan kondisi umum di mana lapisan luar kulit (epidermis) meluruh. Hal ini terkait dengan penyembuhan dari kerusakan kulit baik dari penyebab internal maupun eksternal, seperti luka bakar atau paparan iritasi akibat paparan sinar matahari dan angin.

Penyebab utama kulit wajah mengelupas adalah yang kulit kering. Kondisi ini dapat menyebabkan sel-sel kulit tidak bisa menempel satu sama lain dan akhirnya mulai mengelupas. Umumnya, kulit kering terjadi karena kurangnya kelembapan pada wajah atau paparan udara panas kering atau dingin.

Kulit mengelupas kekurangan niacin (vitamin B3) atau keracunan vitamin A. Terlalu sedikit atau terlalu banyak vitamin tertentu dapat menyebabkan kulit Anda terkelupas.

Baca Juga:Tips Melembapkan Kulit Wajah Kering Karena Debu dan Panas

Oleh karena itu, apakah kulit wajah yang mengelupas ini berbahaya? Hal ini tentu tergantung dari seberapa parah proses pengelupasannya. Dilansir dari Suara.com, jika kulit wajah yang mengelupas disebabkan oleh rasa yang tidak nyaman pada wajah, terlebih lagi jika muncul gejala pada iritasi kulit.

Seperti dilansir dari siloamhospitals.com, berikut ini adalah cara mengatasi kulit mengelupas.

1. Menggunakan pelembap wajah

Kulit kering bisa menjadi penyebab utama dari pengelupasan pada kulit wajah dan oleh karena itu penting untuk memastikan kulit wajah agar terjaga kelembapannya. Salah satu caranya adalah bisa dengan menggunakan pelembap wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

Baca Juga:Selain Dapat Mencegah Penuaan Dini, Ini Empat Manfaat Garam Himalaya untuk kecantikan wajah

Hal ini dilakukan guna mengunci kelembapan pada kulit wajah, caranya adalah bisa dengan mencuci muka hingga bersih, lalu pakailah pelembap yang mengandung gliserin, dimethicone, minyak jojoba, lactic acid, hyaluronic acid, lanolin, petrolatum, shea butter, dan minyak mineral.

2. Menggunakan sunscreen

Saat kulit wajah terkelupas cara mengatasinya adalah bisa dengan memakai sunscreen atau tabir surya secara rutin terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

Hal ini pun berguna dalam mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan mengurangi keparahan kondisi kulit. Coba untuk memilih produk sunscreen yang mempunyai sifat waterproof dengan SPF minimal 30 dan pakai kembali sunscreen setiap 2 jam.

Baca Juga: Tips Merawat Wajah dari Jerawat

3. Pilih sabun cuci muka dengan kandungan lembut

Apabila kulit wajah yang mengelupas dan perih coba gunakan sabun cuci muka yang mempunyai kandungan lembut. Hal ini dilakukan agar minyak alami di wajah tidak menghilang dan kelembapan kulit bisa terjaga.

Kemudian, coba menggunakan kain yang lembut atau tisu saat mengeringkan wajah, karena menggunakan kain kasar dan menggosok-gosokkannya pada wajah bisa menimbulkan iritasi dan membuat kondisi kulit wajah menjadi parah.

4. Minum air putih yang cukup

Jika kulit kering dan mengelupas bisa menjadi salah satu tanda bahwa tubuh sedang mengalami dehidrasi. Maka dari itu pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar kulit tetap terhidrasi dan terjaga kelembapannya dan coba untuk mengusahakan minum air putih setidaknya dua liter setiap hari.

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi kulit yang mengelupas. Semoga bermanfaat.