Ilustrasi garam himalaya yang bermanfaat bagi kecantikan. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Garam himalaya berasal dari salah satu tambang garam tertua di dunia, yaitu tambang garam Khewra yang berada di kaki pegunungan Himalaya, Pakistan. Garam yang dihasilkan oleh tambang tersebut memiliki warna putih kemerahan. Inilah yang membuat garam himalaya tampak berwarna merah muda.

Ketika dikonsumsi dalam larutan, garam himalaya memberi tubuh elektrolit, yang mengatur hidrasi. Beberapa elektrolit utama yang disediakan garam termasuk natrium, kalium, kalsium, dan magnesium. Kandungan tersebut adalah elektrolit yang sama dengan minuman olahraga.

Sementara untuk kandungannya, garam himalaya disebut mengandung natrium klorida sebesar 98 persen. Garam himalaya dapat dimanfaatkan untuk membumbui tumisan, rebusan, maupun makanan yang dipanggang. Untuk takarannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga: Lidah Buaya, Kaya Manfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Garam himalaya belakangan ini sangat terkenal karena mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Dilansir dari Suara.com, sejatinya garam Himalaya merupakan garam gunung yang ditambang dari pertambangan garam di Khewra, dekat kawasan Pegunungan Himalaya, Pakistan.

Berbeda dengan garam dapur pada umumnya, garam Himalaya ini mempunyai ciri khas sendiri baik secara bentuk, warna dan kandungan. Menyadur dari laman aido.id, berikut ini adalah beberapa manfaat garam Himalaya untuk kecantikan wajah.

1. Cegah Penuaan Dini

Garam Himalaya ini berfungsi dalam menjaga dan merawat kecantikan kulit karena bisa mencegah penuaan dini, keriput dan masalah penuaan dini yang lainnya. Caranya adalah mencampurkan garam Himalaya dengan air, lalu coba usapkan perlahan pada kulit wajah. Dengan begitu wajah akan tampak lebih awet muda dan cerah bercahaya.

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Masker Spirulina Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah

2. Cegah dan Hilangkan Jerawat

Garam Himalaya juga berfungsi dalam mencegah dan menghilangkan jerawat. Manfaat yang satu ini berasal dari kandungan mineral alami yang mana bisa mencegah dan menghilangkan jerawat. Apalagi banyak orang yang kerap mengeluhkan kondisi munculnya jerawat di wajah dan bisa mengurangi rasa percaya diri.

3. Mengangkat Sel Kulit Mati

Dalam setiap harinya, manusia mempunyai 500 juta sel kulit mati dan sel-sel kulit mati ini bisa menjadi pemicu berbagai masalah pada wajah seperti misalny pori-pori tersumbat, kusam hingga jerawat muncul.

Hal ini karena garam Himalaya disebut mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan juga kotoran. Selain itu, garam Himalaya pun bisa meningkatkan produksi kolagen dan membuat kulit menjadi lebih halus.

Baca Juga: Yuk Simak 5 Manfaat Air Mawar Bagi Kecantikan dan Kesehatan Kulit

4. Menjadi Pembersih Wajah

Garam Himalaya bisa menjadi pembersih wajah, dan biasanya cairan atau toner berbahan dasar cuka mengandung bahan aktif dalam menghilangkan kotoran.

Kini, kalian bisa menggunakan menggunakan garam Himalaya untuk menggantikan pembersih wajah tersebut. Dengan cara yang mudah, tinggal mencampurkan setengah sendok teh garam Himalaya dengan setengah sendok minyak kelapa. Jangan lupa tambahkan 2 tetes minyak lemon dan setengah cangkir air.

Demikianlah ulasan manfaat garam Himalaya untuk kecantikan. Semoga bermanfaat.

Claudia