blank
Foto bersama; Ketua PGRI Provinsi Jawa Tengah; Sekdin Dikpora Kab. Jepara, Pengurus PGRI Kab. Jepara, dan peserta kegiatan (Foto: Dok PGRI Jepara)

JEPARA (SUARABARU.ID ) – PGRI Kabupaten Jepara  telah menyelenggarakan workshop Penulisan Buku dan Digital Academy Trainer 2023. Kegiatan yang berlangsung di SMKN 2 Jepara ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menguasai teknologi digital, serta kemampuan guru membuat storyline.

blank
Ketua PGRI Jawa Tengah Dr. H. Muhdi, SH, M.Hum saat menyampaikan sambutan (Foto: Dok PGRI Jepara)

Kegiatan ini dilaksanakan secara blended learning selama 3 hari ( 7-9 November 2023). Sebagai narasumber kegiatan Aang Yogi Tri Jatnanto, S.Kom, Rosyidah, S.Pd, dan Budi Prihartini, M.Pd. dari pengurus PGRI Kabupaten Jepara.

Hadir ditengah kegiatan Dr. H.Muhdi, SH, MH Ketua PGRI Provinsi Jawa Tengah, Sekdin Disdikpora Kabupaten Jepara Ali Hidayat, S.Pd.,M.M. Sedangkan peserta pelatihan meliputi lintas jenjang dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA/SMK dari 18 PGRI Cabang/Cabang Khusus sebanyak 80 peserta.

blank
Peserta workshop antusias ikuti kegiatan (Foto: Dok PGRI Jepara)

Dalam sambutannya Ketua PGRI Provinsi Jawa Tengah  Dr. H.Muhdi, S.H., M.Hum berharap, melalui kegiatan tersebut dapat menjadi bekal guru  di Jepara dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah.

“Era digitalisasi memang harus diikuti dan diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Karena murid sekarang lebih peka terhadap perkembangan teknologi dibandingkan dengan gurunya. Oleh sebab itu workshop ini sangat penting guna meningkatkan kompetensi para guru semua jenjang pendidikan di wilayah Kabupaten Jepara agar tidak ketinggalan dengan muridnya,”  ujar Dr. H.Muhdi, S.H., M.Hum

Sementara Sekdin Disdikpora Jepara Ali Hidayat, S.Pd., M.M berharap, kegiatan ini dapat  menjadi bekal bagi peserta sebagai agen transformasi pendidikan dan dapat menjadi pelatih bagi teman-teman tidak hanya di komunitas belajar saja namun juga pada teman yang membutuhkan di lingkungannya

Pada kesempatan itu juga Darono Ardi Widodo, S.Pd.Ind mengucapkan terima kasih kepada semua  cabang yang mengirimkan peserta. Harapannya kegiatan ini bisa menambah semangat teman-teman untuk menambah ilmu yang didapatkan, lanjut Darono, ketua PGRI Kab. Jepara.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT PGRI tahun 2023, juga sebagai tindak lanjut kegiatan Lokakarya Narasumber Pelatihan Editor Buku dan Digital Academy Trainer 2023 yang diselenggarakan PGRI Provinsi Jawa Tengah sehingga dapat menjadi bekal guru untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya.

Peserta kegiatan diharapkan melakukan pengimbasan pada teman sejawat dengan membuat rencana tindak lanjut. Pendampingan yang intensif oleh penyelenggara menunjukkan tekad dan tanggunjawab terhadap tersampaikannya materi pada teman yang tidak berkesempatan mengikuti kegiatan tersebut.

Penulis : Indria Mustika & Budi Prihartini (APKS PGRI Kab. Jepara)