Unit Pelaksana Nonstruktural (UPNS) Konseling Mahasiswa Universitas Semarang (USM) mengadakan Seminar bertajuk ''Kesehatan Mental Mahasiswa, Tanggung Jawab Siapa?'' pada 8 November 2023 di Auditorium Ir. Widjatmoko Universitas Semarang.(Foto:news Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Unit Pelaksana Nonstruktural (UPNS) Konseling Mahasiswa Universitas Semarang (USM) mengadakan Seminar bertajuk ”Kesehatan Mental Mahasiswa, Tanggung Jawab Siapa?” pada 8 November 2023 di Auditorium Ir. Widjatmoko Universitas Semarang.

Seminar ini dilaksanakan untuk menyikapi isu masalah kesehatan jiwa yang belakangan marak terjadi di kalangan mahasiswa, seperti kasus kecemasan, depresi, hingga bunuh diri.

Kegiatan dibuka Wakil Rektor III Universitas Semarang, Dr. Muhammad Junaidi, S.HI., M.H.

Pada kesempatan itu Junaidi menyampaikan urgensi peran UPNS Konseling Mahasiswa sebagai unit yang menjalankan fungsi promosi, pencegahan, hingga penanganan masalah kesehatan jiwa mahasiswa di Universitas Semarang.

”Dengan terjadinya beberapa kasus bunuh diri pada mahasiswa, UPNS Konseling Mahasiswa perlu melakukan edukasi dan mitigasi risiko salah satunya dalam bentuk kegiatan seminar kesehatan jiwa ini,” ujar Junaidi.

Kegiatan seminar ini menghadirkan 3 pembicara yang kompeten di bidangnya yaitu Feti Pratiwi, M.Psi., Psikolog (Ketua UPNS Konseling Mahasiswa USM, dosen Fakultas Psikologi USM), Rembulan Andany Agustin (Konselor Sebaya UPNS Konseling Mahasiswa), dan Fanny Kusuma Dewi (Forum Perempuan USM).

Feti menjelaskan, pentingnya kolaborasi peran dalam tujuan pencegahan dan penanganan masalah kesehatan jiwa mahasiswa.

Sementara Rembulan mengatakan, masalah kesehatan jiwa bukan aib dan perlu upaya bersama untuk menghapus stigma agar mahasiswa dapat mengakses layanan kesehatan jiwa dengan optimal.

Fanny yang mewakili Forum Perempuan menguraikan terkait isu kerentanan kesehatan jiwa pada perempuan yang salah satunya terjadi karena faktor konstruksi peran gender di masyarakat.

Topik kesehatan jiwa yang ditawarkan dalam seminar ini mampu menarik antusiasme 131 peserta yang memadati Auditorium Ir. Wijadtmoko USM.

Audiens seminar berasal dari berbagai unsur seperti mahasiswa Fakultas Psikologi, mahasiswa Fakultas Hukum, Dewan Mahasiswa USM, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paskbira, UKM Pilus, UKM Basket dan Voli, Himpunan Mahasiswa S1 Manajemen, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan Forum Perempuan Kota Semarang.

Muhaimin