Peresmian Lanal Pacitan digelar dengan upacara militer. Ditandai pula pengukuhan Komandan Lanal Pacitan Mayor Laut (P) Dainuri (kanan) oleh Panglima Komando Armada-II Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan (kedua dari kanan).(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Pangkalan TNI AL (Lanal) di Pacitan, Jatim, Rabu (8/11), diresmikan dengan menggelar upacara militer. Peresmiannya dilakukan langsung oleh Panglima Komando Armada-II Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, Lanal Pacitan berlokasi di Desa Kembang, Kecamatan Pacitan Kota, Kabupaten Pacitan, Jatim. Ikut hadir dalam acara tersebut, Bupati Pacitan Indrata Nut Bayuaji bersama jajaran Forkompimda, Komandan Pangkalan Utama TNI AL-V Brigjen TNI (Mar) Joni Sulistiawan, sejumlah tokoh Pacitan beserta warga masyarakat.

Peresmian Lanal Pacitan, sekaligus ditandai dengan pengukuhan Komandan Lanal Pacitan Mayor Laut (P) Dainuri. ”Selamat atas diresmikannya Lanal Pacitan,” tandas Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji.

Bupati berharap, kehadiran Pangkalan TNI AL di Pacitan, selain berfungsi dalam upaya menjaga wilayah perairan selatan, juga sebagai upaya bersama bahu-membahu bersinergi dalam menciptakan situasi kondusif di masyarakat.

Sementara itu, menurut Panglima Komando Armada-II Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan, kehadiran Lanal Pacitan bisa memberi kontribusi nyata terhadap situasional yang lebih kondusif.  Yakni, dengan melakukan pengawasan perairan selatan, yang kondisinya cukup terbuka.

”Kita berharap, kehadiran Lanal Pacitan akan bersinergi dengan aparat pertahanan dan keamanan yang ada, baik TNI maupun Polri serta pemerintahan sipil,” tegas Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan.

Panglima Komando Armada-II, minta, kepada jajaran TNI AL di Lanal Pacitan, untuk bisa membaur dan menjadi komponen seutuhnya bagi masyarakat Pacitan.

Dalam kesempatan itu, Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Pacitan dan Forkopimda, yang telah memberi dukungan terhadap pembangunan Pangkalan TNI AL di Pacitan.
Bambang Pur