Kapolresta Magelang Kombes Ruruh Wicaksono (dua dari kiri) menggunting untaian bunga sebagai tanda peresmian lapangan tembak, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Dalam rangka mendukung peningkatan kemampuan personel, Polresta Magelang meresmikan Lapangan Tembak Sanika Satyawada, hari ini (Rabu 8/11/23). Letaknya di belakang Kantor Polresta Magelang.

Kapolresta Kombes Pol Ruruh Wicaksono, menjelaskan, lapangan tembak tersebut dibangun di atas lahan seluas 40 x 25 meter persegi. Berlokasi di samping Kantor Pelayanan SIM Satlantas Polresta Magelang.

Proses pembangunan lapangan tembak itu memakan waktu tiga bulan. “Sanika Satyawada kami ambil dari nama Batalyon Akademi Kepolisian Angkatan 2000 sebagai penghormatan,” ujarnya.

Dia berharap dengan adanya lapangan tembak yang megah dan sesuai standar itu dapat dimanfaatkan personel Polresta Magelang. Supaya
dapat mendukung peningkatan kemampuan menembak para anggota Polri Polresta Magelang. “Juga dapat digunakan sebagai latihan bagi para atlet menembak di Kabupaten Magelang,” katanya.

Sekda Kabupaten Magelang, Adi Waryanto, menyampaikan apresiasi atas dibangunnya lapangan tembak tersebut. Menurut dia, Bupati Zaenal Arifin berharap lapangan tembak yang diresmikan itu bisa meningkatkan kemampuan dan keahlian menembak para personel Polri demi menjalankan peran fungsi untuk melindungi, mengayomi dan menjaga kondusivitas wilayah.

“Semoga lapangan tembak ini bisa dipergunakan sebagai sarana latihan menembak bagi personel Polri maupun para atlet Perbakin Kabupaten Magelang,” harapnya.

Juga diharapkan akan memberikan manfaat besar bagi pihak terkait dalam menjalankan tugas dan latihan kepolisian. Hingga dapat meningkatkan kemampuan dan profesionalisme anggota kepolisian, khususnya di Polresta Magelang.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Pembangunan Lapangan Tembak Sanika Satyawada, Kompol Sri Hasta Birowowati, menjelaskan bahwa pembangunan dimulai dengan proses pembersihan dan pembenahan lokasi. Dilanjutkan dengan pembangunan pagar untuk menjaga keamanan.

“Setiap langkah dilakukan dengan cermat untuk memastikan lapangan tembak ini aman dan sesuai dengan aturan,” ujarnya.

Dikatakan, pembangunan lapangan itu dimulai pada 28 Juli 2023, inisiatif dari Kapolresta Magelang. Kombes Ruruh merasa perlu adanya fasilitas latihan yang memadai bagi personel Polri Polresta Magelang. Maka dalam pembangunannya mengundang tim ahli untuk merancang sasaran tembak dengan target statis pada jarak 10 meter, 15 meter, dan 25 meter.

Fasilitas itu dirancang untuk memastikan keamanan dan pengawasan yang ketat selama latihan. Intensifnya latihan juga dilakukan guna menjamin keselamatan semua orang yang menggunakan fasilitas tersebut. “Terkait hal itu, selama proses pembangunan, Kapolresta Magelang selalu memantau perkembangan pembangunan untuk memastikan sesuai dengan harapan,” terangnya.

Eko Priyono