blank
Seorang Tamping tengah menyiapkan makanan untuk para narapidana Lapas Semarang. Foto: Dok/Lapas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Seperti apakah menu makanan di dalam penjara? Mungkin masih banyak orang mengatakan bahwa makanan yang diberikan untuk narapidana (warga binaan) di dalam penjara hanya itu-itu saja.

Masih ada sebagian orang yang beranggapan para narapidana setiap harinya hanya mendapat jatah makanan seadanya, seperti nasi, kangkung, tempe atau tahu hingga ikan asin.

Anggapan itu ternyata salah. Karena yang terjadi di dalam penjara sebenarnya tidak sedramatis yang orang bayangkan.

blank
Seorang tamping tengah menyiapkan makanan untuk narapidana. Foto: Dok/Lapas

Di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Semarang, menu makanan yang diberikan untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bervariasi, dan akan selalu berganti menu.

BACA JUGA: Beri Layanan Terbaik untuk WBP, Dapur Lapas Semarang Bersertifikat Laik Higiene dan Halal lho..

Kepala Lapas (Kalapas) Semarang, Usman Madjid menyebut, setiap hari narapidana akan mendapat jatah makan 3 kali dalam sehari dengan menu yang berbeda. “Biasanya pagi, siang dan sore menunya berbeda,” ujarnya kepada Suarabaru.id, Selasa (7/11/2023).

Usman mengatakan, untuk jadwal pemberian makan setiap hari akan dibagikan pada pukul 07.00 WIB, pukul 11.00 WIB dan 16.30 WIB.

“Dalam tiap menunya terdapat nasi, sayur, dan lauk. Beberapa jenis sayur yang disajikan antara lain sayur sop, daun singkong, sayur nangka, lodeh dan lainnya,” ungkap Usman.