blank
Erick Thohir menyalami para pemain Timnas Indonesia, yang akan diterjunkan FIFA World Cup U17 2023. Foto: pssi

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyatakan optimistis dengan penetapan 21 pemain untuk FIFA World Cup U17 2023, yang akan mulai bergulir pada 10 November 2023.

Menurut dia, tim U17 yang terdiri para pemain binaan klub Liga 1, PPLP, dan dua klub luar negeri, Sao Paulo (Brasil) dan TSG Hofeiheim (Jerman) ini, merupakan hasil seleksi ketat dan pelatnas yang dijalani PSSI, agar mampu berprestasi di pentas talenta sepak bola dunia.

”Saya optimistis skuad pilihan coach Bima, Indra Sjafri sebagai Direktur Teknik, dan juga Frank Wormuth yang jadi konsultan, bisa dipertanggungjawabkan,” kata Erick Thohir dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (1/11/2023).

BACA JUGA: Lantik 412 Notaris, Kakanwil Kumham Jateng Ungkapkan Regulasi Penerapan PMPJ

Seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Erick melihat ada kombinasi yang seimbang antara pemain-pemain U16 yang juara AFF 2022, dengan para pemain yang baru bergabung, namun punya jam terbang dan pengalaman di klub luar negeri, seperti Welber Jardim dari Sao Paulo.

”Kami berharap, mereka bisa tampil maksimal, karena ini kesempatan besar bisa tampil di ajang Piala Dunia,” ujar dia lagi.

Ditambahkan Erick, mereka merupakan pemain terbaik di posisinya, dan telah disesuaikan dengan calon-calon lawan di babak penyisihan.

BACA JUGA: Bidhumas Polda Jateng Raih Penghargaan Viralisasi IPSE-S1 dari Divhumas Polri

”Pelatnas lima minggu di Jerman, dengan tujuh laga uji coba, saya yakin menambah nyali mereka bermain maksimal di kandang. Kuncinya ada tiga, disiplin bermain, komunikasi di lapangan, dan berusaha keras cetak gol setiap menyerang,” pintanya.

Disebutkan juga, tidak ada lawan yang mudah bagi Indonesia di Grup A bersama Ekuador, Maroko, dan Panama. Karena itu, Ji Da Bin dkk, harus terus mematangkan kemampuannya dalam menyerang.

Indonesia sendiri akan mengawali laga pembuka di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat (10/11/2023) melawan Ekuador.

BACA JUGA: Rencanakan 14 Perda Sepanjang 2024, DPRD Usulkan 3 Ranperda Inisiatif

”Ketika ada kesempatan menyerang, harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Karena tim yang akan dilawan adalah tim-tim kelas dunia. Jangan pernah menganggap remeh Panama, dan juga jangan pernah menganggap besar Ekuador serta Maroko,” pinta Erick.

Sementara itu, pelatih tim U17 Indonesia, Bima Sakti, yakin anak asuhnya dapat memberikan hasil terbaik di ajang bergengsi ini. ”Bismillah, kami telah memilih 21 pemain, sesuai dengan kebutuhan tim dan regulasi Piala Dunia U17, yang maksimal 21 pemain,” imbuhnya.

Pihaknya pun optimistis dengan materi pemain yang ada, dan diharapkan bisa meraih hasil terbaik di Piala Dunia U17 2023. Saat ini perkembangan pemain, seperti fisik, mental serta permainannya memang sangat baik, dan banyak mengalami kemajuan pesat. Apalagi seusai melakukan pemusatan latihan di Jerman.

”Terima kasih atas dukungan yang diberikan. Kami berharap doa dan dukungan dari semua pihak, agar kami dapat meraih prestasi di Piala Dunia U17 2023,” tandas Bima.

Pemain Tim U17 Indonesia- FIFA World Cup 2023
Kiper:
1. Ikram Algiffari (PPLP Sumbar)
2. Andrika Fathir (Borneo FC)
3. Rifky Tofani (PPOP DKI Jakarta)

Belakang:
4. Rizdjar Nurviat (Borneo FC)
5. Tonci Ramandei (PPLP Papua)
6. Mohamad Andre (Bali United)
7. Welberlieskott Jardim (Sao Paulo)
8. Sultan Zaky (PSM Makassar)
9. Habil Abdillah (PPLP Jateng)
10. M Iqbal Gwijangge (Barito Putera)

Tengah:
11. Achmad Zidan (PSS Sleman)
12. Mokhamad Hanif (Cipta Cendekia)
13. Figo Dennis (Persija Jakarta)
14. Muhammad Kafiatur (Dewa United)
15. Ji Da Bin (ASIOP)
16. Amar Brkic (TSG 1899 Hoffenheim)
17. M Riski Afrisal (Madura United)
18. M Nabil Asyura (Persija Jakarta)
19. Jehan Pahlevi (Persija Jakarta)

Depan:
20. Arkhan Kaka (Persis Solo)
21. M Aulia Rahman (Persita Tangerang)