Petugas Kepolisian Wonogiri dibantu personel TNI dari Koramil Sidoharjo, melakukan tugas pengamanan berkaitan dengan datangnya kotak suara yang menjadi bagian dari logistik Pemilu 2024.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Personel Polres Wonogiri, mengamankan penerimaan kota suara untuk Pemilu 2024. Pengamanan berlangsung di gudang induk logistik Pemilu KPU Kabupaten Wonogiri. Lokasinya di Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, Rabu (1/11), mengabarkan, ikut hadir dalam penerimaan logistik kotak suara tersebut, staf dari Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupatan Wonogiri, relawan dari TRC Resigiri Sidoharjo, anggota Polsek dan personel Koramil Sidoharjo.

Pengamanan kotak suara dilakukan sejak proses awal pembongkaran dari truk kontainer pengangkutnya, sampai selesai penyimpanannya di ruang dalam gudang. Selama proses berlangsung, mendapatkan penjagaan ketat dari petugas, dalam upaya pengamanannya.

Logistik kotak surat suara yang datang sebanyak 1.300 biji, diangkut memakai 4 truk kontainer. Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, melalui Kasi Humas AKP Anom Prabowo, menyatakan, prosedur pengamanan dilakukan sebagaimana saat menerima logistik Pemilu lainnya, seperti surat suara, formulir dan alat peraga kampanye.

Pengamanan logistik Pemilu dilakukan, untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan pelanggaran hukum. Termasuk antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, yakni untuk mencegah terjadinya penyerangan atau sabotase.

Pengamanan kotak suara dan juga logistik Pemilu lainnya, merupakan salah satu upaya kepolisian untuk menjamin kelancaran dan keamanan pelaksanaan tahapan Pemilu 2024. Polri berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban Pemilu 2024, agar dapat berjalan lancar dan sukses.
Bambang Pur