blank
Dengan gaya yang santai, Ganjar memberikan kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa Universitas Bandar Lampung, Rabu (25/10/2023). Foto: tmgp

LAMPUNG (SUARABARU.ID)- Bertempat di Mahligai Agung Kampus Pasca Sarjana Universitas Bandar Lampung, Rabu (25/10/2023), ribuan mahasiswa terlihat antusias mengikuti kuliah umum bersama Bakal Calon Presiden (Bacapres) RI 2024, Ganjar Pranowo.

Para mahasiswa sudah memadati tempat acara sekitar setengah jam sebelum kehadiran Ganjar. Mereka sengaja datang lebih awal, karena ingin mendengarkan materi bertema ‘Menyongsong Kepemimpinan Indonesia Emas 2045’, yang dipaparkan Ganjar.

Ketika tiba di lokasi, Ganjar langsung disambut atraksi seni beladiri. Selanjutnya, mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu, diberi selendang dan kopiah tapis, kemudian berjalan menuju lokasi acara.

BACA JUGA: Kebijakan Kesehatan Nasional Belum Mampu Jawab Permasalahan

Dalam paparannya, Ganjar mengatakan, bonus demografi yang diperoleh Indonesia harus dimanfaatkan sebaik mungkin, guna mewujudkan Indonesia Emas 2045. Jika tidak, akan berbalik menjadi malapetaka demografi.

”Pertanyaan saya, apakah kita ingin mepercepat Indonesia Emas 2045 atau tidak? Kalau kita ingin mempercepat, maka anak muda harus berperan, aktif bergerak, dan aktif memberikan pendapat,” katanya.

Ganjar kemudian memperlihatkan layar proyektor berisi gambar dirinya, Barack Obama hingga Xin Jin Ping. Ganjar lalu menceritakan karier politik orang-orang di dalam gambar itu.

BACA JUGA: Tembang Dandang Gula, di Event Wisata Malam Jalan Malioboro

”Xin Jin Ping masuk partai politik pada usia 21 tahun, dan 54 tahun menjadi legislatif. Dia di usianya yang ke 60 tahun, menjadi presiden,” paparnya.

Begitu pula dengan Barack Obama, yang merintis karier politiknya sejak usia 35 tahun. Baru setahun Obama sudah menjabat di legislatif. ”Dan akhirnya menjadi presiden di usia 48 tahun,” lanjutnya.

Ganjar kemudian menunjuk seorang tokoh yang ada ditampilan layar. Dalam keterangannya, sosok itu mulai memasuki dunia politik praktis sejak masih mahasiswa.

BACA JUGA: UKSW Gelar Sarasehan BIPA dan Pariwisata Jateng

blank
Sejumlah mahasiswa berebut ingin berfoto bersama Ganjar Pranowo, usai acara Kuliah Umum di Universitas Bandar Lampung. Foto: tmgp

Pada usia 36 tahun, lanjut dia, orang di gambar itu menduduki kursi legislatif dan menjabat Gubernur Jawa Tengah pada usia 45 tahun.

”Dan, orang itu saat ini berdiri tepat di hadapan Anda semuanya,” terang Ganjar disambut riuh tepuk tangan.

Dari masing-masing kisah para tokoh itu, dirinya ingin menegaskan, untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, perlu adanya keterlibatan anak muda. Ganjar menuturkan, generasi anak muda harus ikut berperan, aktif bergerak serta aktif memberikan pendapat.

BACA JUGA: Baznas Kota Tegal Bantu 83 Siswa Yatim dan Dhuafa

”Kalau kita ingin mempercepat Indonesia Emas 2045, maka anak muda harus berperan, aktif bergerak, dan aktif memberikan pendapat,” tutur Ganjar. Ditambahkannya, populasi anak muda sangat mendominasi dan angkanya mencapai 60 persen.

”Kita ingin mempercepat, maka anak muda harus berperan. Karena ingat, 60 persen lebih itu yang menentukan anak muda. Produktif, pintar di sekolah, punya jejaring, mengerti dunia digital,” tandasnya.

Riyan