blank
Sekda Jateng, Sumarno, secara simbolis memberikan penghargaan kepada perwakilan 3 pemda kabupaten/kota dan 9 OPD dalam acara Larwasda Jateng 2023 di Gradhika Bhakti Praja, Rabu (25/10/2023). Foto HP

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pemerintah provinsi Jawa Tengah memberikan penghargaan kepada tiga pemerintah daerah (Pemda) dan sembilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungannya karena akuntabilitas kinerjanya meningkat.

Penghargaan itu diserahkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno dalam acara Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda ) Provinsi Jateng 2023 di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Rabu (25/10/2023).

Penghargaan itu diberikan berdasarkan peningkatan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Penghargaan itu dibagi menjadi empat kategori, meliputi kinerja pengawasan pemerintah daerah, kinerja perangkat daerah, kenaikan penerapan SAKIP, serta kategori penerapan manajemen risiko.

“Penghargaan ini untuk mengapresiasi teman-teman agar meningkatkan nilai SAKIP. Apresiasi ini diharapkan dapat memotivasi OPD-OPD lain dan pemerintah kabupaten/kota agar lebih meningkatkan lagi,” ujar Sumarno

Setali tiga uang, acara tersebut sekaligus menjadi ajang evaluasi terhadap penyelenggaraan pengawasan di Jateng.

Termasuk informasi terkait tindak lanjut hasil pemeriksaan dari semua aparat pengawasan, baik Inspektorat Provinsi Jateng, Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri, maupun Badan Pemeriksa Keuangan.

Lebih lanjut, Sumarno mengatakan, Larwasda juga menjadi salah satu upaya menjalin sinergitas, antara pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten dalam pelayanan publik.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan kepastian hukum dalam hubungan antara masyarakat dan penyelenggara pelayanan publik.

Selain itu, juga tersosialisasikan kebijakan pengawasan  untuk pelaksanaan tata kelola pemerintah daerah yang baik.

“Serta adanya akselerasi penyelesaian tindak lanjut atas temuan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP),” bebernya.

Dalam penghargaan tersebut, kategori Kinerja Pengawasan Pemerintah Daerah terbaik diraih Pemerintah Kabupaten Banyumas yang diterima langsung oleh Penjabat Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro.

Sementara itu, penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Boyolali diterima oleh Wakil Bupati Boyolali Wahyu Irawan, dan Pemerintah Kabupaten Cilacap diterima oleh Penjabat Bupati Cilacap Yunita Dyah.

Selain itu, penghargaan kategori Kinerja Perangkat Daerah terbaik, adalah RSUD Margono Banyumas, RSUD Moewardi Surakarta, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jateng.

Sedangkan penghargaan kategori Kenaikan Penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah terbaik, yaitu Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Dinas Pemuda dan Pariwisata, dan Dinas Sosial.

Sedangkan untuk kategori Penerapan Manajemen Risiko terbaik adalah Inspektorat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, dan Dinas Kesehatan Hewan.

Hery Priyono